PERAN MUSEUM TNI-AL LOKA JALA CRANA, BUMIMORO, KREMBANGAN DALAM MELESTARIKAN WARISAN BUDAYA TAHUN 1999 – 2017
Keywords:
Museum, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut, Museum TNI AL Loka Jala Crana, Analisis Studi Kepustakaan, Metode HistoriAbstract
Museum TNI AL Loka Jala Crana berdiri sejak tahun 1969 dan masih eksis hingga sekarang. Pada awalnya, museum ini merupakan fasilitas pembelajaran terkait sejarah Angkatan Laut, tata surya, dan astronavigasi bagi calon hingga anggota TNI Angkatan Laut. Tapi sejak 1999, museum ini dimanfaatkan sebagai sarana hiburan, penelitian, dan pendidikan bagi calon, anggota TNI AL, serta masyarakat umum. Pada tahun 2014, Pertemuan Nasional Museum (PNM) di Tanjung Pinang mengesahkan pedoman baru bagi museum Indonesia untuk melakukan pembaharuan agar menarik minat pengunjung. Beberapa tahun kemudian, Museum Nasional Indonesia mulai melakukan digitalisasi. Tidak bisa dipungkiri jika generasi millennial dan Z sangat lekat dengan teknologi. Digitalisasi menjadi aspek penting agar museum tetap eksis di kalangan anak muda Menilik fenomena di atas, penelitian ini fokus mengulas tiga hal penting, yaitu sejarah pendirian, pemanfaatan sumber daya manusia, pengelolaan kunjungan, hingga upaya mengembangkan koleksi. Penelitian ini menggunakan metode historis dengan analisis studi kepustakaan. Data yang berasal dari sumber primer (dokumen yang relevan dan wawancara narasumber), serta sumber sekunder (karya penelitian/jurnal dan buku terkait Museum TNI AL Loka Jala Crana) dikumpulkan menggunakan analisis studi kepustakaan. Sementara itu, data yang sudah terkumpul diteliti menggunakan metode historis, yaitu heuristik (mengumpulkan sumber), Verifikasi (kritik sumber), interpretasi, dan historiografi.
Downloads
References
Dokumen/Arsip
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 1995 tentang Pemeliharaan dan Pemanfaatan Benda Cagar Budaya di Museum, pasal 1.
Sekretariat Lembaga Bagian Museum. Sejarah Pendirian Museum TNI AL Loka Jala Crana.
Surabaya, 2019.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2015 tentang Museum.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya.
Markas Besar Angkatan Laut Akademi. Koleksi Museum. Surabaya, 2020. Sekertariat Lembaga Bagian Museum. Data Kunjungan Museum TNI AL Loka Jala Crana. Surabaya, 2008-2017.
Wawancara
Wawancara dengan Suhendra, S.Ag., M.Ap., pangkat Letkol Laut (KH) selaku kepala bagian museum, di Museum TNI AL Loka Jala Crana. Tanggal 28 Februari 2024.
Wawancara dengan Akhmad Subkhan, S.H., pangkat Pembina IV/a selaku kepala sub bagian pengumpulan dan pengolahan data, di Museum TNI AL Loka Jala Crana. Tanggal 28 Februari 2024.
Wawancara dengan Nila Risniawati Sertu bek/w. selaku urusan data 2, di Museum TNI AL Loka Jala Crana. Tanggal 4 Maret 2024.
Buku
Kasdi, Aminuddin, dkk. 2018. Memahami Sejarah. Surabaya: UNESA University Press.
Subhiksu, Ida Bagus Kadek, dkk. 2018. Daya Tarik Wisata Museum Sejarah dan
Perkembangannya di Ubud Bali. Yogyakarta: Deepublisher.
Astuti, Yuni, dkk. 2020. Pedoman Standarisasi Museum. Jakarta: Keendikbud
Sumarno. 2021. Generasi Z dan Kehidupan di Era Masyarakat 5.0 (Revolusi Industri 4.0). Surabaya: UNESA
Skripsi
Ardian Rosita, 2003. “Fungsi, Pembentukan dan Pemaknaan Prokem Taruna Akademi TNI Angkatan Laut di Kesatrian Bumimoro Surabaya: Tinjauan Sosiolinguistik”. Fakultas Ilmu Budaya. Skripsi. Surabaya: Universitas Airlangga
Internet
Ecobis : Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya. 2021. Museum Loka Jala Crana, (Online) (https://bappeko.surabaya.go.id/ecobis/wisata/ kategori-detail/14, diakses pada 4 September 2021 pukul 22.00)
Melani, Agustina. 2019. Rayakan HUT ke-74 TNI, Yuk Berwisata di Museum Loka Jala Crana Surabaya, (Online), (https://surabaya.liputan6.com/read/4079585/rayakan-hut-ke-74-tni-yuk-berwisata-dimuseum-loka-jala-crana-surabaya, diakses
pada 4 September 2021 pukul 22.02)
Rakhmah, Diyan Nur. 2021. Gen Z Dominan Apa Maknanya bagi Pendidikan Kita?, (Online),
(https://puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id/produk/artikel/detail/3133/gen-z-dominan-apamaknanya-bagi-pendidikan-kita, diakses pada 21 Oktober 2021 pukul 20.04)
Widayati, Sri. 2020. Wawasan Nusantara, (Online) (https://www.google.co.id/books/edition/Wawa san_Nusantara/72EFEAAAQBAJ? hl=en&gbpv=1&dq=wawasan+nusantara&printsec=frontcover, diakses 22 Oktober pukul 11.36)
Munandar, Agus Aris, dkk. 2011. Sejarah Permuseuman di Indonesia, (Online), (https://www.google.co.id/books/edition/Sejara
h_Permuseuman_di_Indonesia/fFzDCgAAQB AJ?hl=en&gbpv=1&dq=representasi+museum &pg=PA83&printsec=frontcover, diakses 22 Oktober pukul 11.51)
Suhendra, Suhendra, dkk. 2021. The Implementation of Governor Indonesian Naval Academy’ Policy
For Developing of Loka Jala Crana, (Online), (http://www.asrojournalsttal.ac.id/index.php/ASRO/article/view/407, diakses pada 22 Oktober 2021 pukul 23.22)
Dewandaru, Ignatius Dicky. 2000. Pengembangan Museum TNI Angkatan Laut Surabaya,
(Online), (http://e-journal.uajy.ac.id/19479/, diakses pada 22 Oktober 2021 pukul 23.27)
Pamuji, Kukuh. 2020. Menyelisik Museum Istana Kepresidenan Jakarta, (Online),(https://www.google.co.id/books/edition/Meny elisik_Museum_Istana_Kepresidenan_Ja/dxL5 DwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=museum+adalah&pg=PA15&printsec=frontcover, diakses pada 9 April 2022 pukul 01.25)
Anshori, Yusak. 2011. Jalan-Jalan: Surabaya Enaknya Ke Mana?, (Online),
(https://www.google.co.id/books/edition/Jalan_Jalan_Surabaya_Enaknya_Kemana/1H5cDwA AQBAJ?hl=en&gbpv=1, diakses pada 9 April 2022 pukul 02.01)
Madjid, M. Dien, dkk. 2014. Ilmu Sejarah: Sebuah Pengantar, (Online), (https://www.google.co.id/books/edition/Ilmu_
Sejarah/e_pDDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=metode+penulisan+sejarah&printsec=frontcover, diakses 9 April 2022 pukul 21.28)
Himawan, Willy, dkk. 2016. Representasi Identitas Bali pada Koleksi Tetap Museum Neka, (Online), (https://journal.isi.ac.id/index.php/JOUSA/artic le/view/1475/323, diakses pada 27 April 2022 pukul 22.49)
Juhara, Erwan, dkk. 2005. Cendekia Berbahasa: Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia,
(Online),(https://www.google.co.id/books/edition/Cendekia_Berbahasa/hj9J1XDLG5MC? hl=en&gbpv=1, diakses pada 27 April 2022
pukul 23.56)
Reforma, Adira Damai, dkk. 2022. Pengembangan Museum Karst sebagai Sentra Pariwisata di Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri, (Online), (https://www.google.co.id/books/edition/Penge mbangan_Museum_Karst_Sebagai_Sentra/I6B
kEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=0, diakses pada 28 April 2022 pukul 00.28)
Maryani, Nany. 2016. Desain Interior Museum TNI-AL Loka Jala Crana Surabaya sebagai Sarana
Edukasi Berkonsep Interaktif Modern, (Online), (https://repository.its.ac.id/74917/1/341210004
1-Undergraduate_Thesis.pdf, diakses pada 28
April 2022 pukul 01.55)
Prayekti, Aullia Rahma. 2018. Persepsi Remaja Generasi Z di Surabaya Terhadap Preferensi Merek Situs
Online Marketplace Bukalapak, (Online), (https://repository.unair.ac.id/78112/3/JURNA L_Fis.K.100%2018%20Pra%20p.pdf, diakses
pada 28 April 2022 pukul 01.59)
Padiatra, Aditia Muara. 2020. Ilmu Sejarah: Metode dan Praktik, (Online), (https://www.google.co.id/books/edition/Ilmu_ Sejarah/ZhbDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=metode+penelitian+sejarah&printsec=frontcover, diakses pada 28 April 2022 pukul 02.08)
Sumargono. 2021. Metodologi Penelitian Sejarah, (Online), (https://www.google.co.id/books/edition/MET ODOLOGI_PENELITIAN_SEJARAH/LmVc
EAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=metode+pe
nelitian+sejarah&printse c=frontcover, diakses pada 28 April 2022 pukul 02.11)
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Avatara: Jurnal Pendidikan Sejarah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
