PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMAKER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN IMAJINASI SEJARAH SISWA SMA NEGERI 1 SIDAYU PADA MATERI AWAL CORAK KEHIDUPAN MANUSIA PURBA

Authors

  • Muhammad Syauqi Al Aidin Puspa Negara UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Riyadi Riyadi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran animaker untuk meningkatkan kemampuan imajinasi sejarah siswa pada materi awal corak kehidupan manusia purba kelas X-1 di SMA Negeri 1 Sidayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan berupa penelitian pengembangan dengan menggunakan Research and Development (R&D) serta dalam mengembangkan produk media pembelajaran ini peneliti menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Sidayu dengan mendapati sampel kelas X-1 berjumlah 36 siswa dari populasi kelas X di SMA Negeri 1 Sidayu. Dari penelitian ini mendapati hasil berupa validitas, kepraktisan, dan juga keefektifan dengan menggunakan angket. Pada validasi pertama yakni angket studi pendahuluan mendapati hasil akhir sejumlah 95% dan 81% yang didapat dari guru sejarah pada kelas X. Kemudian pada hasil validasi kedua yakni berupa validasi media oleh validator ahli media animaker dengan memperoleh hasil 4,45 untuk validator pertama, 4,55 untuk validator kedua, 4,41 untuk validator ketiga, dan 3,38 untuk validator keempat. Kemudian hasil validasi berikutnya berupa hasil dari penggunaan oleh validator ahli materi dengan hasil 4,41 untuk validator pertama, 4,77 untuk validator kedua, dan 3,77 untuk validator ketiga. Pada hasil kepraktisan peneliti memperoleh hasil akhir pengamatan keaktifan siswa dengan hasil 4,68 untuk validator pertama, 4,58 untuk validator kedua, dan 4,66 untuk validator ketiga. Kemudian peneliti juga mendapati hasil respon siswa dengan hasil akhir pada segi tampilan 93%, pada segi pemrograman 92%, dan pada segi Imajinasi mendapati skor 94%. Kemudian untuk hasil keefektifan media pembelajaran animaker peneliti mendapati hasil akhir dari ketuntasan siswa dalam mengerjakan lembar argumentasi siswa dengan hasil akhir sejumlah 100%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Buku

Andi Kristanto, S. Pd., M. P. (2016). Media Pembelajaran. Surabaya: Penerbit Bintang Surabaya.

Dortje L. Y. Lopulalan, Ni Putu Sinta Dewi, dkk. (2024). Teori-Teori Komunikasi. Bandung: Widina Media Utama.

Dr. Asdar, M. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Suatu pendekatan praktik. Bogor: Azkiya Publishing.

Dr. Ir. Jamaaluddin, MM., & Indah Sulistyowati, ST., MT. (2021). Buku Ajar Mata Kuliah Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence). UMSIDA PRESS.

Eisner, E. W. (1985). The educational imagination (p. 176). New York: Macmillan.

Gall, M. D., Borg, W. R., & Gall, J. P. (1996). Educational research: An introduction. Longman Publishing.

Hasan, Muhammad, dkk. (2021). Media Pembelajaran. Universitas Negeri Makassar: Tahta Media Group

Heekeren, H. R. (2013). The bronze-iron age of Indonesia (Vol. 22). Springer Science & Business Media.

Jogiyanto Hartono, M. (Ed.). (2018). Metode pengumpulan dan teknik analisis data. Penerbit Andi.

Kochhar. (2008). Pembelajaran sejarah: teaching of history. Jakarta: Graesindo.

Mason, J. (2017). Qualitative researching.

Pahleviannur, M. R., De Grave, A., Saputra, D. N., Mardianto, D., Hafrida, L., Bano, V. O., ... & Sinthania, D. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Pradina Pustaka.

Pangestu, G. A., & Kurniawati, Y. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Imajinasi Sejarah Siswa Melalui Model Edutainment. FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 8(2), 225-236.

Slavin, R. E. (2018). Educational psychology: Theory and practice. Pearson.

Sugiyono, D. (2014). Metode penelitian pendidikan.

Tedjoworo, H (2001). Imaji dan imajinasi: suatu telaah filsafat postmodern., Kanisius.

B. Jurnal Nasional

Agustin, P. (2021). Pengembangan Media Animasi Berbasis Animaker Pada Pembelajaran IPS Kelas V MIN 25 Aceh Besar (Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY).

Ahmad, S. (2018). Konstruktivisme, Aplikasinya Bagi Perancangan Dan Pembelajaran. PENCERAHAN, 12(1), 1-17.

Al Aziz, M. S., Susanto, D. A., & Nugrahani, D. (2023). The Influence of Using Animaker Media in Improve to Teach Recount Text. Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 2(4), 2125-2132.

Ameliasari, N. (2018). Pemanfaatan media pembelajaran sejarah berbasis short video learning.

Andriani, R. T., Nasution, A. R., & Kusen, K. (2024). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Aplikasi Canva di MIN 03 Kepahiang. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(2), 244-252.

Ariandhini, E., & Anugraheni, I. (2022). Pengembangan media video animasi berbasis animaker untuk meningkatkan hasil belajar materi puisi mapel Bahasa Indonesia Kelas 3 SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(3), 242-252.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran.

Asnas, S. A. M., Heriyawati, D. F., & Mustofa, M. (2023). Evaluating The Effectiveness of Animaker as A Pedagogical Tool in Teaching Recount Texts: Students ‘insights. English Review: Journal of English Education, 11(3), 687-698.

Batubara, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Animaker Dalam Struktur Teks Negosiasi Siswa Kelas X Smas Nurul Islam Indonesia Medan (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara).

Budiaji, W. (2013). Skala pengukuran dan jumlah respon skala Likert. Jurnal ilmu pertanian dan perikanan, 2(2), 127-133.

Erizal, R. M., Safitra, A., Mulia, P. F., & Azmi, Z. (2024). Analisis pemanfaatan kecerdasan buatan menggunakan platform Chat-GPT untuk mendukung proses pendidikan bagi mahasiswa. Student Scientific Creativity Journal, 2(1), 187-197.

Fajrianti, R., & Meilana, S. F. (2022). Pengaruh penggunaan media animaker terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ips sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(4), 6630-6637.

Fiantika, F. R. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif-Feny Rita Fiantika. Mohammad Wasil, Sri Jumiyati, Leli Honesti, Sri Wahyuni, Erland Mouw, Jonata, Imam Mashudi, Nur Hasanah, Anita Maharani, Kusmayra Ambarwati, Resty Noflidaputri, Nuryami, Lukman Waris (Y. Novita (ed.).

Fitri, R. (2022). Teori Belajar Konstruktivisme dalam Perkuliahan Keanekaragaman Tumbuhan. Pedagogi Hayati, 6(1), 1-11.

Gilang Aji Pangestu dan Yeni Kurniawati1. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Imajinasi Sejarah Siswa Melalui Model Edutainment. Factum: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 8, 225–236.

Hafifah, A., & Wicaksono, D. (2023). Penerapan Media Animasi Dengan Menggunakan Word Elektrik Browser (Web) Animaker Dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas III. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 6491-6500.

Hasan, S. H. (2012). Pendidikan sejarah untuk memperkuat pendidikan karakter. Paramita: Historical Studies Journal, 22(1).

Hasan, S. H. (2019). Pendidikan sejarah untuk kehidupan abad ke-21. Historia: jurnal pendidik dan peneliti sejarah.

Hasanah, A. (2019). Pembelajaran Bercerita bagi Peningkatan Apresiasi Imajinasi Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(3), 314-321.

Heribertus, A. (2024). Pengembangan Video Animasi Berbasis Animaker Untuk Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas Xi Sma 4 Kota Jambi (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Kurniawan, P. W. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Teknologi Digital: Utilization of History-Based Learning Media Digital Technology. Prodiksema, 3(3), 50-56.

Lathifah, A. S., Hardaningtyas, K., Pratama, Z. A., & Moewardi, I. (2024). Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 36-42.

Lukman, L., Agustina, R., & Aisy, R. (2023). Problematika Penggunaan Artificial Intelligence (AI) untuk Pembelajaran di Kalangan Mahasiswa STIT Pemalang. Madaniyah, 13(2), 242-255.

Ma’mur, T. (2008). Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah melalui historical thinking. Bandung: Jurusan Pendidikan Sejarah FPIP UPI.

Mardiani, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Lokal Berbasis Audio Visual Corak Kain Sasirangan Di Sman 5 Banjarmasin. ISTORIA Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah, 14(1).

Marli, S. (2020). Sejarah dan pendidikan sejarah. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 9(2).

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49-57.

Masgumelar, Ndaru & Mustafa, Pinton Setya. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran.

Mawaddah, W., Ahied, M., Hadi, W. P., & Wulandari, A. Y. R. (2019). Uji kelayakan multimedia interaktif berbasis PowerPoint disertai permainan Jeopardy terhadap motivasi belajar siswa. Natural Science Education Research (NSER), 2(2), 174-185.

Mei, Z. E. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ict (Information and Communication of Technology) Melalui Animaker Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa (Doctoral dissertation, Universitas Malikussaleh).

Mulyati, I., Mansyuruddin, M., dkk (2023). Proses Difusi Inovasi dalam Penerapan Metode Pengajaran Baru. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 5(6), Hal. 2425–2433.

Nisrokha, N. (2020). Difusi inovasi dalam teknologi pendidikan. Madaniyah, 10(2), 173-184.

Okpatrioka, O. (2023). Research and development (R&D) penelitian yang inovatif dalam pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 86-100.

Paino, N. P., & Hutagalung, T. (2022). Developing biographical texts by audio-visual teaching materials: animaker-web for high school students. Utamax: Journal of Ultimate Research and Trends in Education, 4(3), 228-245.

Pangestu, G. A., & Kurniawati, Y. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Imajinasi Sejarah Siswa Melalui Model Edutainment. FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 8(2), 225-236.

Pautina, A. R. (2018). Aplikasi Teori Gestalt Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 14-28.

Pramana, P., Priastuty, C. W., Utari, P., Aziz, R. A., & Purwati, E. (2023). Beradaptasi dengan perubahan teknologi: Kecerdasan buatan dan evolusi komunikasi interpersonal. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 7(2), 214-225.

Purnama, S. (2016). Metode penelitian dan pengembangan (pengenalan untuk mengembangkan produk pembelajaran bahasa Arab). Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 19-32.

Putri, N. A. A., Handajani, S., Astuti, N., & Rizkiyah, N. F. (2024). Pengembangan Media Video Animasi “Animaker” Pembuatan Minuman “Colour Changing Lemonade”. Maximal Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya dan Pendidikan, 1(6), 354-368.

Rahmawati, N. S., Qomaria, N., Wulandari, A. Y. R., Ahied, M., & Putera, D. B. R. A. (2023). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Dengan Menggunakan Adobe Animate Pada Materi Perubahan Iklim. Natural Science Education Research (NSER), 6(2), 11-19.

Ratnasari, N. A. D., & Winarti, M. (2020). Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Imajinasi Siswa dalam Pembelajaran Sejarah. FACTUM: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah, 9(1), 1-14.

Reza, M., & Tambunan, E. P. S. (2024). Development of Animated Video on Human Digestive System Material Based on Animaker Application. BIOEDUKASI, 278-288.

Robinson, E. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Animaker Dalam Pembuatan Media Pembelajaran. ORAHUA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 18-23.

Rustamana, A., Rohmah, N., Natasya, P. F., & Raihan, R. (2024). Konsep Proposal Penelitian Dengan Jenis Penelitian Kualitatif Pendekatan DeskriptiF. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 5(5), 71-80.

Safitri, S. I., Saraswati, D., & Wahyuni, E. N. (2021). Teori Gestalt (Meningkatkan Pembelajaran Melalui Proses Pemahaman). At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidakiyah, 5(1), 23-31.

Sattriawan, A., Sutiarso, S., & Rosidin, U. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif terintegrasi soft skills dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 950-963.

Setyawan, D., & Arumsari, A. D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). EDUCULTURAL: International Journal of Education, Culture and Humanities, 1(2), 1-10.

Sidabutar, N. A. L., & Reflina, R. (2022). Pengembangan media pembelajaran matematika sma dengan aplikasi animaker pada materi vektor. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1374-1386.

Simanjuntak, T. (2011). Kehidupan Manusia Modern Awal di Indonesia: Sebuah Sintesa Awal. AMERTA, 29(2), 1-17.

Suparlan, S. (2019). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Islamika, 1(2), 79-88.

Supit, D., Melianti, M., Lasut, E. M. M., & Tumbel, N. J. (2023). Gaya belajar visual, auditori, kinestetik terhadap hasil belajar siswa. Journal on Education, 5(3), 6994-7003.

Tamrin, M., St Fatimah, S. S., & Yusuf, M. (2011). Teori belajar konstruktivisme Vygotsky dalam pembelajaran matematika. SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 3(1), 40-47.

Vinco, M. S. M. (2018). Kontekstualisasi Kehidupan Masa Praaksara di Indonesia: Analisis Buku Teks Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 1(2), 167-176.

Wahyudi, A., & Ma’mur, T. (2020). Peran media animasi untuk meningkatkan kemampuan historical imagination siswa dalam pembelajaran sejarah. FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 9(2), 123-136.

Wicaksono, A. S., & Siswanta, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Indonesia Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas 10 Smk. Karmawibangga: Historical Studies Journal, 3(2), 113-122.

Yani, A. (2024). Peran Artificial Intelligence sebagai Salah Satu Faktor dalam Menentukan Kualitas Mahasiswa di Era Society 5.0. Journal of Education Research, 5(2), 1089-1096.

Zahro, M., Sumardi, S., & Marjono, M. (2017). The implementation of the character education in history teaching. Jurnal historica, 1(1), 1-11.

C. Jurnal Internasional

Marpaung, T., & Hambandima, E. S. N. (2019). Exploring Animaker as A Medium of Writing a Descriptive Text: Efl Students ‘challenges And Promoted Aspects of Digital Storytelling Literacy. Academic Journal of Educational Sciences, 3(2), 27-32.

Marpaung, T., Selfina, E., Hambandina, N., & Wacana, A. (2019). Efl Students’ Exploration on Animaker to Promote Digital Storytelling Literacy on Descriptive Text. ISoLEC Proceedings, 103, 106.

Moore, P., & Fitz, C. (1993). Gestalt theory and instructional design. Journal of technical writing and communication, 23(2), 137-157.

D. Internet

Fakultas Teknologi Maju Dan Multidisiplin Unair. (2024, 8 Mei). AI di Perkuliahan: Membantu atau “Membuntukan” Mahasiswa?. Diakses pada 12 Desember 2024, dari https://ftmm.unair.ac.id/ai-di-perkuliahan-membantu-atau-mem-buntukan-mahasiswa/

Inspektorat Jenderal Kemendikbud. (2023, 30 Mei). Artificial Intelligence (AI): Bahaya atau Dukungan untuk Pekerjaan Manusia?. Diakses pada 12 Desember 2024, dari https://itjen.kemdikbud.go.id/web/artificial-intelligence-ai-bahaya-atau-dukungan-untuk-pekerjaan-manusia/

Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah. (2024, 27 Maret). Telah Terbit Peraturan Mendikbudristek No. 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada PAUD, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Menengah. Diakses pada 10 April 2025, dari https://kurikulum.kemdikbud.go.id/berita/detail/telah-terbit-peraturan-mendikbudristek-no12-tahun-2024-tentang-kurikulum-pada-paud-jenjang-pendidikan-dasar-dan-menengah

Medium. (2024, 18 April). The Anatomy of An Effective ChatGPT Prompt: A Practical Guide to Prompt Crafting. Diakses pada 13 Januari 2025, dari https://medium.com/@hey.musli/the-anatomy-of-an-effective-chatgpt-prompt-e17f95a230ef

Universitas Bina Nusantara. (2012, 6 Juni). Kecerdasan Buatan, Kini dan Akan Datang. Diakses pada 27 Maret 2025, dari https://socs.binus.ac.id/2012/06/06/mengenal-kecerdasan-buatan-kini-dan-akan-datang/.

Downloads

Published

2025-04-29

Issue

Section

Articles
Abstract views: 143 , PDF Downloads: 84