ANALISIS PENCAPAIAN LEVEL KEMAMPUAN BERPIKIR SEJARAH (HISTORICAL THINKING SKILLS) MATERI SEJARAH INDONESIA MASA PROKLAMASI KEMERDEKAAN PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 BALONGPANGGANG GRESIK
Abstract
Kemampuan berpikir sejarah merupakan keterampilan esensial yang perlu dimiliki peserta didik untuk memahami peristiwa masa lalu secara kritis, analitis, dan reflektif. Dalam pembelajaran Sejarah Indonesia, kemampuan ini mendukung tujuan Kurikulum Merdeka, yakni membekali peserta didik dengan kecakapan berpikir kronologis, analisis sumber, dan penilaian etis. Penelitian ini bertujuan menganalisis pencapaian level kemampuan berpikir sejarah peserta didik pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Penelitian menggunakan metode campuran (mixed method) dengan desain studi kasus. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling, yaitu siswa kelas XI-3 SMAN 1 Balongpanggang, Gresik. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir sejarah, angket refleksi, observasi pembelajaran, dan wawancara guru berdasarkan enam konsep berpikir sejarah Seixas dan Morton. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman melalui tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan variasi capaian peserta didik pada enam aspek berpikir sejarah. Aspek kesinambungan-perubahan, perspektif sejarah, dimensi etis, serta bukti berada pada level tinggi. Sementara aspek signifikansi sejarah dan sebab-akibat berada pada level sedang, karena peserta didik telah mampu mengenali peristiwa penting dan hubungan kausal sederhana, namun analisisnya masih terbatas pada pemahaman faktual tanpa pendalaman makna dan relevansi yang lebih kompleks. Secara keseluruhan, kemampuan berpikir sejarah peserta didik telah berkembang, tetapi belum merata. Diperlukan strategi pembelajaran berbasis analisis sumber autentik, diskusi multi-perspektif, dan refleksi kritis agar peserta didik mampu menafsirkan makna sejarah secara lebih mendalam.
Downloads
References
A. BUKU
Collingwood, R. G. (1946). The Idea of History. Oxford University Press. https://archive.org/details/in.ernet.dli.2015.168203/page/n374/mode/1up
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. CV. KAAFFAH LEARNING CENTER.
Kemendikdasmen. (2025). Pembelajaran Mendalam: Menuju Pendidikan Bermutu Untuk Semua (p. 74).
Kuntowijoyo. (2013). Pengantar Ilmu Sejarah. Tiara Wacana.
Levesque, S. (2008). Thinking Historically: Educating Students for the Twenty-First Century. University of Toronto Press. https://doi.org/10.12968/eyed.2015.16.11.18
Rüsen, J. (2004). Historical Consciousness: Narrative Structure, Moral Function, and Ontogenetic Development. In Theorizing Historical Consciousness (pp. 63–85). University of Toronto Press.
Rusli. (2023). Metode Pembelajaran Sejarah: untuk Meningkatkan Nasionalisme Siswa. DOTPLUS Publisher.
Seixas, P., & Morton, T. (2013). The Big Six Historical Thinking Concepts. Nelson Education.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Kedua). Alfabeta.
Wineburg, S. (1999). Historical Thinking and Other Unnatural Acts. The Phi Delta Kappan, 80(7), 488–499.
Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods. In Journal of Hospitality & Tourism Research (Vol. 53, Issue 5). SAGE Publications. https://doi.org/10.1177/109634809702100108
B. JURNAL
Abbas, E. W., Syaharuddin, S., Mutiani, M., Susanto, H., & Jumriani, J. (2022). Strengthening Historical Thinking Skills Through Transcript Based Lesson Analyses Model in the Lesson of History. ISTORIA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 18(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/istoria.v18i1.41691
Abbas, S., & Bahri. (2024). Urgensi Historical Thinking bagi Mahasiswa dalam Pembelajaran Sejarah. PESHUM:JurnalPendidikan, Sosial DanHumaniora, 3(6), 877–885.
Akmal, A. N., Maelasari, N., & Lusiana. (2025). Pemahaman Deep Learning dalam Pendidikan : Analisis Literatur melalui Metode Systematic Literature Review ( SLR ). JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 8(3).
Anis, M. Z. A., Putro, H. P. N., Susanto, H., Hastuti, K. P., & Mutiani. (2020). Historical Thinking Model in Achieving Cognitive Dimension of Indonesian History Learning. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(7), 7894–7906. https://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/3449
Armiyati, L., & Purwanta. (2024). Penguatan Literasi Sejarah Melalui Historical Inquiry: Belajar Dari Singapura. Journal of Social Sciences & Humanities ESTORi, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30998/je.v5i1.3026
Ashaf, Firman, A. (2006). Pola Relasi Media, Negara, dan Masyarakat: Teori Strukturasi Anthony Giddens sebagai Alternatif. Sosiohumaniora, 8(2), 205–218.
Basri, I., Zafri, Z., & Hastuti, H. (2023). Historical Thinking Model: A Specific Model for History Learning. International Journal of Social Science and Human Research, 6(08), 5329–5340. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v6-i8-95
Boadu, G. (2020). Re-positioning historical thinking: a framework for classroom practice. Social Studies Research and Practice, 15(3), 277–289. https://doi.org/10.1108/ssrp-07-2020-0030
Carr, E. H. (2006). What Is History? http://www.24grammata.com/wp-content/uploads/2013/06/Carr-What-is-history-24grammata.com_.pdf
Fia, R., Sutiyah, & Nur, A. (2022). Implementasi Pembelajaran Sejarah Dalam Kurikulum Merdeka Kelas X di SMA Penggerak Surakarta. Jurnal Candi, 22(1), 80–94.
Fitriani, D. (2022). Nilai Moderasi Beragama Sebagai Sumber Belajar Sejarah Di Sekolah Menengah Atas. Prabayaksa: Journal of History Education, 2(1), 17–22.
Hastuti, H. (2021). Analysis of Implementation of Historical Thinking Construct in Historical Learning. Proceedings of the 2nd Progress in Social Science, Humanities and Education Research Symposium (PSSHERS 2020), 563(Psshers 2020), 173–177. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210618.035
Hudaidah. (2017). Historical Thinking , Keterampilan Berpikir Utama. CRIKSETRA: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah, 76, 6–12.
Hutauruk, A. F., Ginting, A. M., Arent, E., & Dabukke, L. (2024). Menganalisis Implementasi Konstruksi Berpikir Historis dalam Mata Kuliah Program Studi Pendidikan Sejarah di Universitas Simalungun. 4(2), 74–81.
Ibda, F. (2023). Perkembangan Moral Dalam Pandangan Lawrence Kohlberg. Intelektualita: Jurnal of Education Science and Teacher Training, 12(1), 42–78.
Laksana, K. (2020). Promoting historical thinking for pre-service social studies teachers: A case study from Thailand. International Journal of Curriculum and Instruction, 12(2), 12–24.
Maposa, M., & Wassermann, J. (2009). Conceptualising historical literacy Conceptualising historical literacy-a review of the literature. Yesterday & Today, 4, 41–66. http://www.scielo.org.za/pdf/yt/n4/n4a06.pdf
Miskawi, Anwar, K., Arrasuly, M. Y., & Purwanta, H. (2025). Pengembangan Keterampilan Berpikir Historis Melalui Pembelajaran Sejarah. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 7(1), 13–20. https://doi.org/10.36805/manajemen.v4i1.377
Muhtarom, H., Kurniasih, D., & Andi. (2020). Pembelajaran Sejarah yang Aktif, Kreatif dan Inovatif melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bihari: Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah, 3(1), 30.
Mulyana, A., & Kurniawati, Y. (2020). Phenomenography analysis of students’ historical thinking ability in studying social history. Cakrawala Pendidikan, 39(3), 666–678. https://doi.org/10.21831/cp.v39i3.28982
Mystakidis, S. (2021). Deep Meaningful Learning. Encyclopedia, 1(3), 988–997. https://doi.org/10.3390/encyclopedia1030075
Nippi, A. (2022). Historical Literacy and the Structuring Process of Historical Knowledge in Students. Κείμενα Παιδείας, 4(4). https://doi.org/10.12681/keimena-paideias.30277
Nisa, S. F., Sayono, J., & Utami, I. W. P. (2019). Pembelajaran Sejarah Indonesia Di Sman 1 Malang Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Historis. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 2(2), 202–211. https://doi.org/10.17977/um033v2i22019p202
Nora, P. (1989). Between Memory and History: Les Lieux de Memoire (The place of Memory). Representations, Special Issue: Memory and Coounter-Memory, 26, 7–24. https://eclass.uoa.gr/modules/document/file.php/ARCH230/PierreNora.pdf
Nurjanah, W. (2020). Historical Thinking Skils dan Critical Thinking Skills. Historika, 23(1), 92–104.
Otto, S., Körner, F., Marschke, B. A., Merten, M. J., Brandt, S., Sotiriou, S., & Bogner, F. X. (2020). Deeper learning as integrated knowledge and fascination for Science. International Journal of Science Education, 42(5), 807–834. https://doi.org/10.1080/09500693.2020.1730476
Peck, C., & Seixas, P. (2008). Benchmarks of historical thinking: First steps. Canadian Journal of Education, 31(4), 1015–1038.
Purni, T. (2023). Pentingnya Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Yang Berkarakter. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 2(1), 190–197. https://doi.org/10.22437/krinok.v2i1.24723
Purwanta, H. (2023). Indonesian secondary history literacy skills level: a case study of public and private high schools in Sukoharjo Regency, Central Java. Multidisciplinary Science Journal, 5(March 2020), 1–9. https://doi.org/10.31893/multiscience.2023050
Rahman, A., Kurniawati, & Winarsih, M. (2021). Penerapan Literasi Sejarah Dalam Pembelajaran Sejarah Pada Masa Pembelajaran Jarak Jauh di SMA. Jurnal Pendidikan Sejarah, 10(1), 57–76. https://doi.org/10.21009/jps.101.04
Rulianto, & Hartono, F. (2018). Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(2), 127–134. https://doi.org/10.23887/jiis.v4i2.16527
Sari, R. P., Rustiyarso, Mirzachaerulsyah, E., & Firmansyah, A. (2023). Analisis Kemampuan Berfikir Historis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 2 SMA IT Al-Fityan Kubu Raya. 8(4), 5829–5832.
Seixas, P. (2008). “Scaling Up” the Benchmarks of Historical Thinking. A Report on the Vancouver Meetings (Issue April). https://www.historybenchmarks.ca/sites/default/files/files/docs/Scaling Up Meeting Report.pdf
Seixas, P. (2016). A Model of Historical Thinking A Model of Historical Thinking. 1857(March). https://doi.org/10.1080/00131857.2015.1101363
Seixas, P. (2017). A Model of Historical Thinking. Educational Philosophy and Theory, 49(6), 593–605. https://doi.org/10.1080/00131857.2015.1101363
Seixas, P., & Colyer, J. (2014). From the Curriculum to the Classroom: More Teachers, More Students, More Thinking. A Report on the National Meeting of The Historical Thinking Project. http://historicalthinking.ca/sites/default/files/files/docs/HTP2014_EN.pdf
Subakti, Y. R. (2021). Tantangan Guru Sejarah Dalam Mengajar Dan Belajar Berbasis Hots. Historia Vitae, 01(01), 52–71. https://nasional.kompas.com/read/2016/03/02/09264011/Amnesia.Sejarah.dan.Melempemnya.Kiri.?page
Suwandi, Putri, R., & Sulastri. (2024). Inovasi Pendidikan dengan Menggunakan Model Deep Learning di Indonesia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik (JPKP), 2(2), 69–77.
Syahputra, M. I., Purwanta, H., & Djono. (2024). Kompetensi Berpikir Historis dalam Pembelajaran Sejarah. Wiksa: Prosiding Pendidikan Sejarah, 1.
Talin, R. (2016). Why Historical Thinking Skills was not there? International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 15(7), 110–126.
Thorp, R., & Persson, A. (2020). On historical thinking and the history educational challenge. Educational Philosophy and Theory, 52(8), 891–901. https://doi.org/10.1080/00131857.2020.1712550
Veijola, A., & Mikkonen, S. (2016). Historical literacy and contradictory evidence in a Finnish high school setting: The Bronze Soldier of Tallinn. Historical Encounters, 3(1), 1–16.
Widiadi, A. N., Saputra, M. R. A., & Xahyaning, I. (2022). Merdeka Berpikir Sejarah: Alternatif Strategi Implementasi Keterampilan Berpikir Sejarah dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Sejarah Dan Budaya, 16(1), 235–247. https://doi.org/10.17977/um020v13i22019p
Wijaya, D. N. (2005). R.G. Collingwood dalam Idealisme Historis. Sejarah Dan Budaya, 9(1), 102. http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya/article/view/1549
Zainal Abidin, A. (2020). Anatomy of Structuration Theory and Ideology of the Third Way of Anthony Giddens. Jurnal Translitera, Vol. 9(No. 2), 57–58. https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/translitera/article/view/989
Zed, M. (2018). Tentang Konsep Berfikir Sejarah. Lensa Budaya: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Budaya, 13(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.34050/jlb.v13i1.4147
C. INTERNET
CASEL. (2020). Casel Framwork. In https://casel.org/what-is-SEL/. https://casel.org/wp-content/uploads/2020/12/CASEL-SEL-Framework-11.2020.pdf
Smith, S. (2015). The Big Six. Canadashistory. https://www.canadashistory.ca/explore/books/the-big-six
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Avatara: Jurnal Pendidikan Sejarah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract views: 10
,
PDF Downloads: 2