PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI IPS (MASA PRA AKSARA DI INDONESIA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-E SMP NEGERI 30 SURABAYA

  • I GUSTI PUTU ADI W D

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran IPS merupakan sistem pembelajaran yang membahas, menyoroti, menelaah, mengkaji gejala atau masalah sosial dari berbagai aspek kehidupan, atau melakukan interelasi antar berbagai aspek kehidupan sosial dalam membahas masalah sosial. Untuk memperdalam pengetahuan peserta didik tentang IPS, maka peserta didik harus memperkuat pondasi pengetahuan mengenai materi pra aksara. Diperlukan strategi pembelajaran inovatif yang sesuai dengan kondisi pembelajaran peserta didik supaya dapat meningkatkan motivasi pembelajaran peserta didik, salah satunya adalah model pembelajaran group investigation. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS (sejarah) dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation (GI).

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), dalam penelitian ini dibagi menjadi 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini mengambil subyek peserta didik kelas VII-E SMP Negeri 30 Surabaya yang berjumlah 38 peserta didik dan sedang mendapatkan materi pembelajaran materi praaksara di Indonesia. Data yang berhasil diperoleh akan diolah menggunakan deskriptif kualitatif

Dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa terdapat  perbedaan rata-rata hasil belajar para peserta didik antara pra siklus (58,89), siklus I (74,73) dan siklus II (80,15) serta terdapat perbedaan ketuntasan klasikal antara pra siklus (13,2%), siklus I (81,57%) dan siklus II (81,57%).Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dari pra siklus I ke siklus I sebanyak 15,84 poin, dan dari siklus I ke siklus II sebanyak 5,42 poin. Dari penelitian ini dapat disimpulkan keberhasilan peningkatan rata-rata hasil belajar peserta didik menjadi 80,15 disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang inovatif yaitu model pembelajaran Group Investigation. Dimana pada model pembelajaran tersebut, para peserta didik terlibat aktif dalam kegiatan diskusi kelompok untuk membahas materi tersebut bersama-sama. Selain itu sebaiknya dalam setiap proses kegiatan pembelajaran guru dituntut untuk kreatif dalam proses pembelajaran dengan menyesuaikan model pembelajaran dengan materi ajar sehingga peserta didik tidak merasa bosan saat kegiatan belajar mengajar berlangsung.

 Kata Kunci : Group Investigation, Hasil Belajar.

Published
2014-07-11
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 21