LAGU-LAGU KARYA W.R. SOEPRATMAN DALAM MENUMBUHKAN WAWASAN KEBANGSAAN TAHUN 1926-1938

  • PUSPITA DWI LESTARI

Abstract

 Abstrak

Wage Rudolf Soepratman adalah seorang komponis yang menciptakan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Banyak yang menganggap bahwa W.R. Soepratman hanya menciptakan lagu Indonesia Raya. Selain menggubah lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Wage Rudolf Soepratman juga menggubah banyak lagu-lagu perjuangan khususnya untuk golongan pemuda. Semua lagu ciptaan W.R. Soepratman digubah untuk menambah semangat kebangsaan dan cinta tanah air bagi perkumpulan pemuda.

 Berdirinya perkumpulan pemuda yang bersifat kedaerahan ditujukan untuk menambah pergaulan diantara para pelajar Indonesia tahun 1900. Munculnya Jong Java, Jong Sumatra, Jong Ambon, Jong Minahasa dan perkumpulan pemuda yang lain awalnya dimaksudkan untuk memajukan kebudayaan, namun pada akhirnya bergerak dalam bidang politik.

Latar belakang uraian diatas menghasilkan rumusan masalah 1) Bagaimana perjuangan Wage Rudolf Soepratman pada tahun 1926-1938; 2) Apa saja karya-karya W.R. Soepratman dalam menumbuhkan wawasan kebangsaan tahun 1926-1938 bagi pemuda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah. Langkah di metode penelitian adalah heuristik yaitu pengumpulan sumber-sumber yang relevan, kritik yaitu pengujian data menjadi fakta, interpretasi yaitu tahap untuk mencari eksplanasi hubungan antar fakta dan tahap terakhir historiografi yaitu penulisan kronologis sesuai dengan tema.       

11 lagu diciptakan W.R. Soepratman untuk menggugah semangat kebangsaan para pemuda pada tahun 1926-1938. Pada tahun 1926 diciptakannya lagu Dari Barat sampai ke Timur dan pada tahun 1928 lagu Indonesia Raya selesai diciptakan serta dinyanyikan pertama kali dalam Kongres Pemuda II. Tahun itu juga diciptakan lagu Indonesia Ibuku dan Bendera Kita Merah Putih. Bangunlah hai kawan dan Raden Adjeng Kartini juga merupakan lagu karya W.R. Soepratman yang diciptakan pada tahun 1929. W.R. Soepratman juga menciptakan lagu Mars KBI untuk kepanduan bangsa Indonesia pada tahun 1930. Di Timur Matahari juga merupakan lagu ciptaan Wage Rudolf  Soepratman yang diciptakan pada tahun 1931. Lagu-lagu bernuansa organisasi politik juga diciptakan pada tahun 1937 dengan judul Mars Parindra dan Mars Surya Wirawan. Lagu yang terakhir diciptakan yaitu Matahari Terbit yang diciptakan pada tahun 1938.

 Kata kunci: Lagu, Wage Rudolf Soepratman, Wawasan Kebangsaan

Published
2014-07-22
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 285