TUNTUTAN FEMINISME RADIKAL  TERHADAP SISTEM PATRIARKI PADA PEMIKIRAN NH. DINI DALAM KARYA SASTRANYA

  • SYARIFATUR RIZQI

Abstract

Abstrak

 Perempuan dan laki-laki merupakan manusia ciptaan Tuhan dengan beragam kelebihan.  Seharusnya laki-laki dan perempuan dapat hidup berdampingan dengan harmonis dan memiliki hak serta kewajiban yang sama. Kenyataan yang ada dalam masyarakat menunjukan laki-laki menganggap dirinya paling kuat dan berkuasa sementara perempuan dianggap sebagai masyarakat kelas dua yang terdiskriminasikan. Semua penindasan dan pembelengguan ini akhirnya memunculkan gerakan yang menuntut persamaan antara laki-laki dan perempuan yang disebut dengan gerakan feminisme. Di Indonesia gerakan feminisme dilakukan melalui beragam cara. Salah satu cara yang digunakan yaitu melalui media karya sastra berupa novel seperti yang dilakukan oleh Nh. Dini. Melalui novelnya Nh. Dini menyuarakan pemikirannya dan tuntutannya mengenai kedudukan dan kebebasan bagi perempuan.

Penelitian ini menggunakan metode penulisan sejarah dan  pendekatan teori semiotika sebagai ilmu bantu. Metode sejarah merupakan seperangkat prosedur sistematis yang digunakan sejarawan dalam tugas meneliti dan menyusun sejarah yang terdiri dari empat langkah seperti heuristik, kritik sumber, intepretasi, dan historiografi. Penelitian ini menggunakan sumber primer berupa novel terbitan tahun 1970-an dengan judul Pada Sebuah Kapal dan La Barka. Penelitian ini hendak membahas mengenai pemikiran feminisme Nh. Dini yang terdapat dalam Pada Sebuah Kapal dan La Barka. Teori semiotika digunakan untuk menganalisis isi dan makna dari  novel tersebut.

Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa hal seperti yang pertama bahwa perempuan selalu dianggap sebagai masyarakat kelas dua yang tertindas dan selalu kalah. Kedua, seharusnya perempuan sadar akan kebebasan atas dirinya sendiri dalam sebuah kemandirian tanpa tekanan dari pihak lain dalam menentukan jalan hidupnya sendiri. Ketiga bahwa Nh. Dini termasuk seorang feminis radikal,  hal ini terlihat dari sikap tokoh ciptaannya dalam bertindak dan menyikapi realita kehidupan yang  mana sikap dari  tokoh ciptaannya  ini merupakan gambaran dari tuntutan dan pemikiran Nh. Dini.

 Kata Kunci : Tuntutan, Feminisme, Patriarki, Nh. Dini, Karya sastra.

Published
2014-08-13
Abstract Views: 211
PDF Downloads: 395