KRITIK KWEE KEK BENG TERHADAP PENDIDIKAN ANAK-ANAK TIONGHOA DI HINDIA BELANDA

  • FAUZIYATUR ROHMAH

Abstract

Abstrak

                Kek Beng merupakan seorang tokoh peranakan Tionghoa yang pernah menjabat sebagai hoofdredactur dari koran Sin Po dan merupakan penerus dari paham nasionalisme Tiongkok. Dalam mencari kedudukan etnis Tionghoa di Hindia Belanda dalam masa Penjajahan Belanda, Kwee Kek Beng tampil sebagai  tokoh  kontroversial yang membela orang-orang Tionghoa peranakan. Kritiknya terhadap pendidikan anak-anak Tionghoa banyak mendapat tantangan dan cemoohan dari berbagai pihak diantara orang-orang Tionghoa yang lain.

                kritik yang dilakukan oleh Kwee Kek Beng terhadap pendidikan untuk anak-anak Tionghoa di Hindia Belanda dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya: segregasi dan diskriminasi yang dilakukan oleh pemerintah Kolonial terhadap pendidikan orang-orang Tionghoa, nasionalisme Tiongkok yang kemudian menyebar ke Asia Tenggara, termasuk ke Hindia Belanda. Selanjutnya, setelah Kwee Kek Beng masuk ke dalam harian Sin Po Kwee Kek Beng banyak belajar dari Tjoe Bou San. Permasalahan identitas orang-orang Tionghoa dan perdebatan mengenai sekolah-sekolah untuk anak Tionghoa juga menjadi pemicu Kwee Kek Beng untuk melakukan kritik. Kwee Kek Beng tidak menyetujui adanya sistem sekolah yang diterapakan pada sekolah THHK dan HCS, oleh sebab itu perlu dilakukan reorganisasi terhadap keduanya dan membagi ke dalam dua kelas, yaitu kelas yang dikhususkan untuk anak-anak Tionghoa yang ingin kembali ke Tiongkok dan yang tetap tinggal di Hindia Belanda, namun tetap memperhatikan kepentingan anak-anak Tionghoa. hal ini dilakukan agar pendidikan anak-anak Tionghoa tidak tertinggal dengan etnis yang lain.

 

Kata Kunci: Kritik, Kwee Kek Beng, Pendidikan, Tionghoa

Published
2014-08-18
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 88