VALIDITAS BUKU AJAR BERBASIS ETNOEKOLOGI PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN/IKLIM DAN DAUR ULANG LIMBAH UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA KELAS X

  • Virlya Citra Dewi
  • Fida Rachmadiarti

Abstract

Etnoekologi merupakan ilmu yang mempelajari keterkaitan pola pikir dan perilaku masyarakat dengan mitos, budaya, legenda ataupun kebiasaan yang berkembang di suatu daerah, sebagai wujud hubungan masyarakat dengan lingkungannya. Pembelajaran berbasis etnoekologi merupakan salah satu langkah untuk mencapai tuntutan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan validitas buku ajar berbasis etnoekologi pada materi Perubahan Lingkungan/Iklim dan Daur Ulang Limbah untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA kelas X. Pengembangan buku ajar dilaksanakan di Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya, menggunakan model 4-D (four-D Models), yaitu  define, design, develop, dan disseminate, namun penelitian hanya sampai tahap develop. Buku ajar yang dikembangkan memilki karakteristik etnoekologi yang tersaji dalam fitur Etno corner, Bingkisan, Info Bio dan Refleksi. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli pendidikan, ahli materi dan guru biologi menunjukkan persentase validitas buku ajar sebesar 3,92%. Sehingga, buku ajar yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan dapat diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran.Kata kunci: validitas, etnoekologi, perubahan lingkungan/iklim dan daur ulang limbah
Published
2018-01-29
Section
Articles
Abstract Views: 181
PDF Downloads: 281