KELAYAKAN TEORETIS BUKU AJAR BERBASIS COLLABORATIVE LEARNING MATERI EKOSISTEM UNTUK MELATIHKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SMA
Abstract
Buku ajar merupakan bahan ajar yang digunakan untuk meningkatkan mutu pembelajaran salah satunya terkait dengan literasi sains di sekolah. Buku ajar berbasis model collaborative learning memiliki tahapan-tahapan antara lain engagement, exploration, transformation, presentation, dan reflection yang dapat memfasilitasi aktivitas eksplorasi bagi peserta didik. Materi ekosistem mempunyai banyak konten materi yang dapat dieksplor peserta didik melalui kegiatan eksplorasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan teoretis buku ajar berbasis collaborative learning materi ekosistem. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, dan disseminate) namun hanya dilakukan sampai tahap develop. Teknik pengambilan data dilakukan menggunakan metode validasi oleh dua pakar biologi bidang pedagogi dan materi ekosistem, serta seorang guru biologi SMA. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif. Buku ajar yang dikembangkan diharapkan mampu melatihkan literasi sains peserta didik. Hasil penelitian diperoleh skor rata-rata kelayakan isi 3,62; kelayakan penyajian 3,67; dan kelayakan bahasa 3,33. Berdasarkan tiga kriteria kelayakan teoretis tersebut diperoleh rata-rata keseluruhan 3,53 dengan persentase 88% menunjukkan buku ajar sangat valid.
Kata kunci : kelayakan teoretis buku ajar, collaborative learning, ekosistem, literasi sains.