PENGEMBANGAN FLIPBOOK BERBASI MULTIPLE INTELLIGENCE PADA MATERI SUBSTANSI GENETIKA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XII SMA

  • Tridewi Wijayanti
  • Guntur Trimulyono

Abstract

Substansi genetika merupakan materi yang bersifat abstrak, oleh sebab itu dibutuhkan sumber belajar yang mampu memfasilitasi siswa untuk dapat memahami dan juga memberikan informasi-informasi terkait dengan materi dan kaitannya dengan peristiwa yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu sumber belajar yang mampu memfasilitasi siswa untuk memahami materi substansi genetika yaitu flipbook. flipbook mampu menyediakan fasilitas pembelajaran berupa gambar, video, dan juga audio sehingga mampu memberikan kesan menarik dan juga dengan fasilitas yang ada dalam flipbook tersebut siswa dapat lebih memahami materi yang bersifat abstrak dan mampu mengarahkan siswa untuk dapat menganalisis konsep abstrak yang ada dalam materi tersebut sehingga dapat melatihkan siswa untuk dapat berpikir kritis. Selain itu dengan fitur yang terdapat pada flipbook maka siswa dapat belajar berdasarkan berbagai sumber informasi tidak hanya berupa teks sehingga siswa dapat terfasilitasi dalam  melatihkan kecerdasan majemuk yang dimiliki siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan flipbook berbasis multiple intelligence pada materi substansi genetika yang valid, praktis serta efektif. Flipbook berbasis multiple intelligence dikembangkan pada materi substansi genetika dengan lima kecerdasan yang dikembangkan yaitu visual spasial, interpersonal, intrapersonal, bodily-kinesthetic, dan naturalis. Flipbook dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Uji coba terbatas dilaksanakan pada 12 siswa kelas XII SMA Negeri 1 Gedangan, Sidoarjo pada bulan Februari 2019. Hasil validasi menunjukkan bahwa flipbook dinyatakan sangat valid berdasarkan kelayakan isi, penyajian dan kebahasaan dengan skor persentase sebesar 93,52% dikategorikan sangat valid dan berdasarkan kesesuaian dengan multiple intelligence sebesar 100% dikategorikan sangat valid; dinyatakan praktis berdasarkan keterbacaan pada tingkat 12 dan respon siswa sebesar 81,85% serta keterlaksanaan flipbook sebesar 100%; dinyatakan efektif berdasarkan ketuntasan multiple intelligence sebesar 83,33% dan ketuntasan hasil belajar sebesar 100%. Dengan demikian flipbook yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efektif, sehingga dapat diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran.

Kata Kunci: Flipbook¸Multiple Intelligence, Substansi Genetika, Keterampilan Berpikir Kritis

Section
Articles
Abstract Views: 331
PDF Downloads: 323