VALIDITAS DAN KEEFEKTIFAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS TOULMIN’S ARGUMENT PATTERN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI

  • Kamilahrohmawati Kamilahrohmawati
  • Sunu Kuntjoro

Abstract

Materi Perubahan Lingkungan terdapat pada kompetensi dasar (KD) 3.11 dan 4.11 yeng menuntut peserta didik untuk dapat menganalisis penyebab dan merumuskan solusi pemecahan masalah perubahan lingkungan, sehingga perlu dilatihkan keterampilan argumentasi. Oleh karena itu penelitian ini mengembangkan LKPD berbasis Toulmin’s Argument Pattern (TAP) dengan elemen-elemen yang meliputi 6 tahapan yakni Data, Klaim, Jaminan, Dukungan, Kualifikasi, dan Sanggahan. Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) menghasilkan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berbasis Toulmin’s Argument Pattern (TAP)  untuk melatihkan keterampilan argumentasi siswa pada materi perubahan lingkungan kelas X SMA yang valid dan efektif (2) mendeskripsikan validitas LKPD, (3) mendeskripsikan keefektifan LKPD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan pengembangan perangkat 4D, yang terdiri dari (define, design, develop,dan disseminate), namun tahap Disseminate tidak dilakukan. Uji coba LKPD dilakukan pada 20 siswa kelas X SMA Negeri 1 Balongpanggang Gresik. Parameter yang diukur dalam penelitian ini adalah validitas, dan keefektifan LKPD. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis Toulmin’s Argument Pattern (TAP) dapat melatihkan keterampilan argumentasi, valid dan efektif. LKPD keseluruhan yakni LKPD 1 dan LKPD 2 dinyatakan valid dengan skor rata-rata sebesar 3,69 yang dikategorikan sangat valid. LKPD dapat meningkatkan hasil belajar dengan skor rata-rata  N-Gain 0,73 yang dikategorikan tinggi, LKPD meningkatkan keterampilan argumentasi siswa dengan skor rata-rata N-Gain 0,75 yang dikategorikan tinggi, serta respon siswa yang sangat baik dengan rata-rata 98,3%. LKPD efektif digunakan digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

 

Kata Kunci: LKPD, Toulmin’s Argument Pattern (TAP), Keterampilan Argumentasi, Perubahan Lingkungan
Published
2018-09-30
Section
Articles
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 82