VALIDITAS LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X

  • Mustamil Arifin
  • Sunu Kuntjoro

Abstract

Abstrak

Lembar Kegiatan Peserta Didik merupakan kumpulan dari lembaran yang berisikan kegiatan peserta didik yang memungkinkan peserta didik melakukan aktivitas nyatadengan objek dan persoalan yang dipelajari. Dalam hal ini materi yang digunakan adalah materi keanekaragaman hayati. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan lembar kegiatan peserta didik berbasis saintifik pada materi keanekaragaman hayati yang dinyatakan valid dari segi isi, penyajian dan bahasa untuk melatihkan keterampilan literasi sains. Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Lembar kegiatan peserta didikĀ  yang dikembangkan menggunakan desain penelitian model 4-D yaitu Define, Design, Develop, dan Dessiminate. Namun, tahap dessiminate tidak dilakukan karena penulis hanya melakukan sampai tahap develop. Metode pengambilan data menggunakan metode validasi dengan instrumen lembar validasi yang ditelaah dan diisi oleh dosen pakar. Hasil validasi dianalisis menggunakan tehnik validitas. Parameter dalam penelitian ini meliputi validitas yang dilihat dari hasil validitas para pakar. Hasil penelitian menunjukkan validitas lembar kegiatan peserta didik yang dikembangkan mendapatkan skor 3,50 dengan kategori sangat valid. Hasil penelitian menunjukkan validitas lembar kegiatan peserta didik dari segi isi memperoleh skor 3,4 dengan kategori sangat valid, dari segi penyajian memperoleh skor 3,56 dengan kategori sangat valid, serta dari segi bahasa memperoleh skor 3,55 dengan kategori sangat valid. Skor keseluruhan validitas lembar kegiatan peserta didik yang dikembangkan memperoleh skor 3,50 dengan kategori sangat valid.

Kata kunci: Validitas, Lembar Kegiatan Peserta Didik, Saintifik, Keanekaragaman Hayati, Literasi sains.

Section
Articles
Abstract Views: 242
PDF Downloads: 228