VALIDITAS LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI DAUR ULANG LIMBAH UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF KELAS X SMA
Abstract
Abstrak
Materi daur ulang limbah adalah salah satu materi yang berkaitan dengan permasalahan lingkungan sekitar, dan peserta didik mudah untuk memahami konsep dengan menggunakan kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki melalui LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL). PBL merupakan model pembelajaran yang dihadapkan pada suatu kemampuan yang lebih mendasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas LKPD berbasis PBL pada materi daur ulang limbah untuk melatihkan kemampuan berpikir kreatif kelas X SMA. Pengembangan LKPD dilakukan di Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya, dengan menggunakan model 4D (four-D Models), yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Namun, penelitian hanya sampai pada tahap develop. Instrumen penilaian yang digunakan yaitu dengan menggunakan lembar validasi LKPD. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi dan guru biologi menunjukkan skor rata-rata 3,8 yang dilihat dari kelayakan isi, kelayakan penyajian, dan bahasa. LKPD yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan layak disajikan dalam pembelajaran untuk melatihkan kemampuan berpikir kreatif.
Kata kunci : Lembar Kegiatan Peserta Didik, Problem Based Learning, daur ulang limbah, validitas