Validitas dan Keefektifan LKPD Pembuatan Virgin Coconut Oil Secara Enzimatis Berbasis PBL Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Bioteknologi
Abstract
Kurikulum 2013 menuntut peserta didik untuk produktif, kreatif, inovatif dan memiliki peran dalam kehidupan bermasyarakat. Cara yang dapat digunakan agar kurikulum 2013 tercapai adalah dengan membuat peserta didik berperan aktif dalam proses pembelajaran. Keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran dapat ditingkatkan melalui keterampilan proses sains. Keterampilan proses sains dapat dioptimalkan melalui model problem based learning (PBL). Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik (LKPD) pembuatan virgin coconut oil (VCO) secara enzimatis berbasis PBL untuk melatihkan keterampilan proses sains pada materi bioteknologi yang valid dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D, yaitu define, design, develop, dan disseminate, namun tahap disseminate tidak dilakukan. Sasaran ujicoba terbatas pada 16 peserta didik kelas XII MIPA 1 SMAN 1 Arosbaya. Metode pengumpulan data menggunakan metode validasi dan metode tes. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi, lembar pretest dan lembar posttest. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas LKPD memperoleh presentase sebesar 93,18% dengan kategori sangat valid dan keefektifan LKPD memperoleh presentase sebesar 100% dengan kategori sangat efektif.