Kelayakan LKPD Klasifikasi dan Kekerabatan Paku-Pakuan Berbasis Literasi Sains untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik Kelas X SMA

  • Sofia Natasha
  • Wisanti Wisanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan kepraktisan LKPD “Klasifikasi dan Kekerabatan Paku-Pakuan” berbasis literasi sains untuk melatihkan kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (define, design, develop, dan disseminate) tanpa tahap disseminate. Pada tahap develop (pengembangan), LKPD diujicobakan kepada 20 peserta didik kelas X IPA 1 SMA Muhammadiyah 4 Surabaya pada bulan November 2019 dengan metode validasi, observasi dan uji keterbacaan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar validasi LKPD, lembar observasi keterlaksanaan LKPD dan lembar keterbacaan LKPD. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. LKPD dapat dikatakan layak apabila skor rata-rata validitas mencapai ≥ 2,51; persentase keterlaksanaan LKPD mencapai ≥ 76%; dan hasil uji keterbacaan menunjukkan level 10 pada grafik Fry. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan dikategorikan sangat valid dengan skor validitas 3,93 pada Topik 1 dan skor 4 pada Topik 2. LKPD dinyatakan praktis berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan LKPD dengan persentase sebesar 95% dan dinyatakan praktis berdasarkan hasil uji keterbacaan pada grafik Fry yang berada pada level 10 (sesuai digunakan pembaca pada tingkat kelas X). Dengan demikian, LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran untuk melatihkan kemampuan berpikir analitis.

Kata kunci: Berpikir Analitis, Literasi Sains, LKPD, Paku-pakuan.

Published
2020-05-31
Section
Articles
Abstract View: 51
PDF Download: 67