Pengembangan Video Blog (Vlog) Berbantuan E-LKPD Lumut dan Paku-Pakuan Sebagai Sumber Belajar untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa

  • Ilfi Choiru Rohmatin Universitas Negeri Surabaya
  • Wisanti Wisanti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Keterampilan proses sains sangat diperlukan peserta didik untuk membangun pengetahuan sehingga mampu memecahkan masalah dan berpikir reflektif. Keterampilan proses sains dapat dilatih melalui sumber belajar digital berupa video blog (vlog). Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan video blog (vlog) lumut dan paku-pakuan sebagai sumber belajar guna melatihkan keterampilan proses sains yang valid dan praktis. Penelitian ini memakai model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Uji coba terbatas dilaksanakan kepada 15 peserta didik SMA Negeri 1 Giri Taruna Bangsa. Validitas didapat dari hasil validasi ahli media, ahli materi, dan praktisi. Kepraktisan diperoleh melalui angket keterlaksanaan dan hasil angket motivasi belajar peserta didik. Parameter yang diukur mencakup hasil validitas, keterlaksanaan dan tanggapan motivasi belajar peserta didik. Analisis data dalam penelitian ini memakai model deskriptif kuantitatif. Hasil validasi vlog lumut dan paku-pakuan secara berturut-turut memperoleh skor 3,96 (sangat valid) dan 4 (sangat valid) dan hasil validasi E-LKPD pendamping lumut dan paku-pakuan secara berturut-turut memperoleh skor 3,99 (sangat valid) dan 4 (sangat valid). Hasil uji kepraktisan vlog dan E-LKPD pendamping sebesar 97% (sangat praktis) pada topik lumut dan 98,5% (sangat praktis) pada topik paku-pakuan.  Hasil angket motivasi belajar siswa menggunakan model ARCS diperoleh skor rata-rata 3,58 (sangat kuat). Vlog lumut dan paku-pakuan serta E-LKPD pendamping dinyatakan layak digunakan berdasarkan aspek validitas dan kepraktisan untuk diterapkan dalam pembelajaran Biologi kelas X.

Kata Kunci: Vlog, E-LKPD, Lumut, Paku-pakuan, Keterampilan Proses Sains

Published
2023-05-05
Section
Articles
Abstract Views: 200
PDF Downloads: 168