Pengembangan LKPD "Lumut" Berbasis Learning Cycle 5E untuk Melatihkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Kelas X SMA

  • Anisah Anisah Universitas Negeri Surabaya
  • Wisanti Wisanti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Komunikasi merupakan salah satu tuntutan keterampilan yang harus dikuasai peserta didik pada abad ke-21. Keterampilan komunikasi dapat dilatihkan melalui cara pengajaran dan sumber belajar yang tepat dengan model belajar berbasis LC 5E (Learning Cycle 5E: engagement, exploration, explanation, elaboration, dan evaluation) menggunakan Lembar Kegiatan Peserta Didik. Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKPD “Lumut” berbasis LC 5E untuk melatihkan keterampilan komunikasi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (define, design, develop dan disseminate), tanpa tahap disseminate. Parameter yang diukur mencakup hasil validitas dan respons guru. Validitas LKPD diperoleh dari hasil validasi dosen ahli botani dan dosen ahli sumber belajar menggunakan instrumen penilaian validasi. Respons guru diperoleh dari 15 responden guru Biologi berbeda sekolah melalui angket yang terdiri dari 25 butir pernyataan. Teknis analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Lembar Kegiatan Peserta Didik yang dikembangkan berfokus pada submateri lumut, kegiatan belajar sesuai tahap LC 5E yang mengacu pada aspek keterampilan komunikasi. Keterampilan komunikasi yang dilatihkan dalam LKPD tampak pada setiap tahap kegiatan LC 5E. Hasil analisis menunjukkan LKPD memperoleh skor penilaian validitas 3,64 dengan kategori sangat valid dan respons positif guru sebesar 96,66% dengan kategori sangat kuat. Berdasarkan penelitian tersebut, LKPD “Lumut” berbasis LC 5E yang dikembangkan telah layak untuk melatihkan keterampilan komunikasi.

Kata Kunci: keterampilan komunikasi, learning cyle 5E, LKPD, lumut.

Published
2022-02-11
Section
Articles
Abstract Views: 387
PDF Downloads: 453