Kelayakan Teoretis Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Lumut Berbasis Literasi Sains untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik

  • Sintha Eka Ashari Universitas Negeri Surabaya
  • Wisanti Wisanti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Berpikir kritis adalah kompetensi keterampilan yang dibutuhkan pada abad ke-21, karena berpikir kritis berperan sebagai proses berpikir peserta didik dalam mengambil suatu keputusan yang berdasar pada pertimbangan bukti, permasalahan serta konsep yang berhubungan. Materi lumut merupakan salah satu materi dalam pembelajaran biologi yang bersifat kompleks, sehingga upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan LKPD berbasis literasi sains. Literasi sains dapat menfasilitasi keterampilan berpikir kritis, ditunjukkan kesesuaian antara kompetensi literasi sains dan indikator berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kelayakan teoretis  LKPD “Lumut” berbasis literasi sains untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian termasuk penelitian pengembangan menggunakan model 4D yang terdiri atas tahap define, design, develop, dan disseminate.Tahap define, designdan develop dilaksanakan pada bulan November 2019-Maret 2020. Kelayakan teoretis ditentukan pada tahap develop berdasarkan penilaian validasiahli botani dan ahli pendidikan. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian validasi LKPD mencakup syarat konstruksi, teknis dan didaktik. Data dianalisis secara deskripstif kuantitatif, LKPD dinyatakan layak apabila hasil validasi mencapai ≥ 61%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas LKPD sebesar 97,23% dengan kategori sangat layak. Dengan demikian LKPD “Lumut” berbasis literasi sainsdinyatakanlayak secara teoretis untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis.

Kata Kunci: Kelayakan Teoretis, Keterampilan Berpikir Kritis, Literasi Sains, Lumut.

Published
2020-11-12
Section
Articles
Abstract Views: 395
PDF Downloads: 8965