Efektivitas Modul Angiospermae untuk Melatihkan Keterampilan Proses dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X

Authors

  • Refiska Audhiya Mardaningrum Universitas Negeri Surabaya
  • Wisanti Wisanti Universitas Negeri Surabaya
  • Eva Kristinawati Putri Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n2.p172-178

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas modul Angiospermae untuk melatihkan keterampilan proses dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Gedeg dilihat dari ketercapaian keterampilan proses, hasil belajar, keterlaksanaan pembelajaran, dan respons siswa. Sasaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60 siswa kelas X MIPA 4 dan X MIPA 7 SMA Negeri 1 Gedeg Mojokerto. Penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Modul Angiospermae efektif untuk melatihkan keterampilan proses yang ditunjukkan dengan kategori baik (3,4). Modul yang dikembangkan juga efektif untuk meningkatkan hasil belajar dengan hasil normalitas gain sebesar 0,44 dengan kategori sedang. Keterlaksanaan pembelajaran yang mengacu pada Modul Angiospermae berbasis keterampilan proses memperoleh persentase sebesar 90% dengan kategori sangat baik. Siswa juga memberikan respons positif dengan persentase sebesar 92% dengan kategori sangat baik terhadap penggunaan modul dalam melatih keterampilan proses.

Kata kunci: Efektivitas, Modul Angiospermae, Keterampilan Proses, Hasil Belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-05-31

Issue

Section

Articles
Abstract views: 386 , PDF Downloads: 390

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>