Validitas Pengembangan LKS Berbasis CTL pada Materi Ekosistem untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA

Authors

  • Wahidatul Fitria Rosa Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Susantini Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n3.p397-405

Abstract

Karakteristik materi ekosistem bersifat kontekstual. Untuk memfasilitasi pembelajaran kontekstual, diperlukan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). LKS berbasis CTL memberi kesempatan siswa melakukan kegiatan berupa keterampilan proses dalam aspek kerja ilmiah. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan validitas LKS berbasis CTL pada materi ekosistem untuk melatih keterampilan proses sains. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengikuti model 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate tanpa dilakukan tahap penyebaran. LKS yang dikembangkan diuji tingkat validitasnya oleh dua validator yaitu dua dosen jurusan Biologi Universitas Negeri Surabaya menggunakan lembar instrumen validasi. Beberapa kriteria yang diuji tingkat kelayakannya meliputi kriteria kelayakan isi, penyajian, dan bahasa. Berdasarkan uji validasi LKS yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan pemerolehan nilai  rata-rata sebesar 3,61.   

Kata Kunci: Validitas LKS, CTL, Keterampilan Proses Sains, Ekosistem.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-09-30

Issue

Section

Articles
Abstract views: 421 , PDF Downloads: 9345

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>