Validitas Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning pada Materi Bakteri untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Peserta Didik Kelas X

Authors

  • Devi Arindasandy Universitas Negeri Surabaya
  • Guntur Trimulyono Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n1.p213-220

Abstract

Penggunaan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) sebagai bahan pembelajaran belum sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik, karena dalam kegiatan pembelajaran kurang dilatihkannya mengenai literasi sains sehingga keterampilan literasi sains peserta didik rendah. Peneliti mengembangkan LKPD dengan memanfaatkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang setiap sintaksnya dikaitkan dengan indikator keterampilan literasi sains. Jenis penelitian yaitu penelitian pengembangan 4-D (Define, Design, Develop serta Dessiminate), akan tetapi peneliti melaksanakan hanya sampai tahap Develop. Tujuan peneliti melakukan penelitian ini untuk membuat LKPD berbasis PBL pada materi bakteri untuk melatihkan keterampilan literasi sains peserta didik yang dinilai valid berdasarkan hasil validasi menggunakan lembar validasi yang berisi kelayakan LKPD. Kegiatan penilaian validasi dilaksanakan oleh 3 dosen yaitu dosen pendidikan biologi, dosen biologi bidang materi bakteri serta guru biologi SMA. Analisis data dilakukan secara statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penilaian validasi terhadap LKPD memperoleh kategori sangat valid dengan skor rata-rata 3,65, sehingga sangat layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran pada materi bakteri.

Kata Kunci: Validitas, LKPD, PBL, Literasi Sains, Bakteri.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-11-12

Issue

Section

Articles
Abstract views: 401 , PDF Downloads: 8537

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>