Pengembangan LKPD Berbasis Mind Mapping untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Authors

  • Ulfah Rahmawati Setyawan Universitas Negeri Surabaya
  • Yuliani Yuliani Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p412-417

Abstract

Mind mapping merupakan peta pikiran yang dikategorikan sebagai metode mencatat yang dapat mengembangkan keahlian peserta didik untuk mengingat materi dan melatihkan keterampilan berpikir kreatif. Berpikir kreatif merupakan cara berpikir peserta didik yang dinilai dari aspek berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinil, dan keterampilan mengelaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis mind mapping untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan LKPD memanfaatkan model pengembangan 4-D (define, design, develope, and disseminate), tetapi hanya dilakukan sampai pada tahap develope. LKPD divalidasikan para ahli dan diujicoba secara terbatas hanya 20 peserta didik kelas XII SMAN 02 Kota Mojokerto. Analisis kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan LKPD dan keefektifan ditinjau dari hasil evaluasi belajar dan respon peserta didik. Hasil LKPD yang dikembangkan valid dengan skor sebesar 98,35% dan kategori sangat layak. Hasil kepraktisan dilihat dari keterlaksanaan LKPD sebesar 92,66% dengan kategori sangat praktis dan keefektifan dilihat dari hasil evaluasi belajar sebesar 100% dan respon sebesar 92,3% dengan kategori sangat baik. LKPD yang dikembangkan layak dikembangkan untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-02-25

Issue

Section

Articles
Abstract views: 620 , PDF Downloads: 9572

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>