Development of Ispring Interactive Powerpoint Media in Photosynthesis Topic to Train Critical Thinking Skills

Pengembangan Media Powerpoint Ispring Interaktif Pada Materi Fotosintesis Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis

  • Aulia Dhita Nanda Universitas Negeri Surabaya
  • Yuliani Yuliani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstract

Critical thinking skills is one of skill that must be able to face educational challenges in 21-st century especially during pandemic. Critical thinking skills also suitable for photosynthesis topic due to many actual problems and require deep analysis of learning. The purpose of this research was to produce a feasible media that valid, practical and effective based on ispring interactive powerpoint in photosynthesis topic to train students’s critical thinking skills. This study used ADDIE model which has Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation. This research is a descriptive quantitative research. Limited trials were conducted on 20 students of XII MIPA in SMAN 1 Geger. This research instruments were validity sheet, questionnaire for teacher also student responses and critical thinking skills test. Research result shown that media validity has valid categorized with average score of 83,44%. Students and teacher responses showed very good result for the practicality with a score of 94,3% and 100%. Powerpoint ispring interactive was stated to be good to train critical thinking skills with a score of 84,54% completeness indicators.  Therefore, ispring interactive powerpoint media  in photosynthesis topic able to train critical thinking skills.

Keywords: ispring interactive powerpoint, photosynthesis, critical thinking skill.

 

Abstrak

Keterampilan berpikir kritis adalah salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki dalam menghadapi tantangan pendidikan di era 21 terutama pada masa pandemi. Keterampilan berpikir kritis cocok digunakan pada materi fotosintesis sebab di dalamnya terdapat permasalahan aktual yang membutuhkan analisis pada saat pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan powerpoint ispring interaktif yang valid, praktis dan efektif pada materi fotosintesis dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan model ADDIE meliputi Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Uji coba terbatas dilakukan terhadap 20 peserta didik kelas XII MIPA SMAN 1 Geger. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi, angket respon untuk peserta didik serta guru dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media memperoleh rata-rata skor validasi 83,44% dengan kategori valid. Respon peserta didik dan guru menunjukkan hasil sangat baik dengan kepraktisan sebesar 94,3% dan 100%. Powerpoint ispring interaktif dinyatakan efektif untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis dengan nilai ketuntasan indikator sebesar 84,54%. Dengan demikian media powerpoint ispring interaktif pada materi fotosintesis dapat digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. 

Kata Kunci: powerpoint ispring interaktif, fotosintesis, keterampilan berpikir kritis.

Published
2022-02-11
Section
Articles
Abstract Views: 278
PDF Downloads: 247