Penerapan Model Inkuiri Terbimbing pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup: Suatu Best Practice Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)

  • Fakhri Burhanudin Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Susantini Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kurikulum 2013 mewajibkan siswa-siswi untuk menjadi lebih aktif pada kegiatan pembelajaran dalam memeroleh informasi dan pengetahuan. Oleh karena itu, guru dianjurkan menggunakan pendekatan pembelajaran berpusat pada peserta didik atau student centered. Salah satu model pembelajaran yang termasuk dalam kategori berpusat pada peserta didik adalah inkuiri terbimbing. Inkuiri terbimbing menempatkan peserta didik sebagai subjek belajar yang diarahkan untuk mencari dan menemukan jawaban dari  suatu masalah melalui bimbingan guru. Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan  hasil belajar dan ketercapaian indikator setelah  penerapan model pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing. Penelitian dilaksanakan pada kelas XII MIPA dengan materi Pertumbuhan dan Perkembangan di SMAN 4 Probolinggo dengan jumlah sampel 31 peserta didik. Penelitian ini menggunakan rancangan one shot case study, sedangkan  metode pengumpulan data yang diterapkan yaitu metode tes dan  penugasan. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil  penelitian  menunjukkan perolehan rerata hasil belajar peserta didik 82,90 dengan jumlah siswa yang tuntas sebesar 83,87%. Tingkat ketercapaian indikator pada aspek pengetahuan 60%, di lain pihak pada aspek keterampilan tuntas 100%. Dengan demikian, model inkuiri terbimbing disarankan untuk diterapkan dalam pembelajaran yang melatih keterampilan peserta didik.

Kata Kunci: berpusat pada peserta didik,  inkuiri terbimbing, hasil belajar, ketuntasan indikator

Published
2021-02-25
Section
Articles
Abstract View: 353
PDF Download: 273