Profil dan Validitas E-LKPD Identifikasi Jamur Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Melatihkan Keterampilan Proses Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n3.p610-620Abstract
Pembelajaran pada kurikulum 2013 didesain agar peserta didik mempunyai kemampuan untuk aktif saat proses pembelajaran dalam mencari, membangun dan menggunakan pengetahuannya. Keterampilan proses sains dapat melatihkan keaktifan peserta didik dalam mencari gagasan untuk mengembangkan pengetahuan maupun konsep yang ditunjang pembelajaran pendekatan saintifik. Peserta didik perlu melakukan kegiatan mengamati atau melakukan percobaan pada pembelajaran materi jamur untuk menganalisis jamur secara langsung. Kegiatan pengamatan dan percobaan secara langsung merupakan bentuk pembelajaran pendekatan saintifik yang dilatihkan melalui keterampilan proses sains untuk memahaminya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-LKPD identifikasi jamur berbasis pendekatan saintifik untuk melatihkan keterampilan proses peserta didik yang valid. Penyusunan e-LKPD menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate), namun tanpa tahap disseminate. Parameter penelitian yang diukur adalah validitas e-LKPD yang dinilai berdasarkan aspek penyajian, isi, dan bahasa oleh ahli pendidikan, ahli materi, dan guru mata pelajaran Biologi. Data penelitian berupa nilai hasil validasi dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata skor validitas e-LKPD 1 Identifikasi Jamur Mikroskopis sebesar 3,6 dengan kategori sangat valid, sedangkan nilai rata-rata skor validitas e-LKPD 2 Jamur Makroskopis sebesar 3,7 dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis pendekatan saintifik untuk melatihkan keterampilan proses peserta didik dinyatakan sangat valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran Biologi.
Kata kunci: e-LKPD, Jamur, Keterampilan Proses, Pendekatan Saintifik, Validitas