PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN “PINTARYN” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN

  • Muhammad Gandhi Setiyawan Universitas Negeri Surabaya
  • Raharjo Raharjo Universitas Negeri Surabaya
  • Erlix Rakhmad Purnama Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran “PINTARYN ; Sistem Pencernaan” yang valid, efektif, dan praktis untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi Sistem Pencernaan. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan perangkat pembelajaran yang mengacu pada model pengembangan ASSURE yang dimulai dengan menganalisis peserta didik, dilanjutkan dengan menentukan standar dan tujuan penelitian, lalu peneliti memilih metode, media, dan bahan yang digunakan untuk penelitian dilanjutkan dengan uji coba menggunakan media dan bahan, dalam uji coba nya peneliti membutuhkan memerlukan peran serta siswa, penelitian diakhiri dengan evaluasi dan revisi. Uji coba penelitian dilakukan pada 20 siswa kelas XI SMA Labschool Unesa 1. Validitas perangkat pembelajaran “PINTARYN ; Sistem Pencernaan” mendapat angka validitas sebesar 4,8 sehingga termasuk kategori  sangat  valid. Perangkat yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dibuktikan dengan tingkat ketuntasan siswa setelah menggunakan perangkat mencapai 90% yang termasuk kategori sangat baik dengan perolehan nilai gain sebesar 0,49 yang berarti nilai rata-rata post-test lebih besar dari nilai rata-rata pre-test namun rata-rata kenaikan nilai post-test tidak signifikan sehingga termasuk kedalam kategori peningkatan sedang. Perangkat yang dikembangkan mendapatkan respon positif siswa sebesar 79% sehingga masuk kedalam kategori praktis. Hal tersebut membuktikan bahwa siswa senang dan mudah dalam menggunakan perangkat tersebut ketika pembelajaran.

Kata Kunci: perangkat pembelajaran interaktif, Articulate Storyline, Sistem Pencernaan, hasil belajar, PINTARYN.

Published
2023-02-25
Section
Articles
Abstract Views: 179
PDF Downloads: 157