Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Daur Ulang Limbah Berbasis Ecopreneurship untuk Melatihkan Keterampilan Wirausaha Peserta Didik Kelas X SMA
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v12n2.p473-483Abstract
Perkembangan Artificial Intelligence di era revolusi industri 4.0 berdampak pada ketidakseimbangan persaingan di bidang pekerjaan dan meningkatnya jumlah pengangguran di suatu negara. Dibutuhkan sebuah proses pembelajaran berbasis wirausaha untuk merespon tantangan era industri 4.0 agar dapat mencetak SDM yang memiliki eksistensi di tengah era persaingan global. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan produk berupa E-LKPD daur ulang limbah berbasis Ecopreneurship untuk melatihkan keterampilan wirausaha peserta didik kelas X SMA melalui Project Based Learning yang layak secara teoritis dilihat dari kelayakan pada aspek isi, aspek penyajian, serta aspek bahasa. E-LKPD ini dikembangkan dengan model 4D (define, design, develop, disseminate) tanpa disseminate. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. E-LKPD yang telah dikembangkan dinyatakan sangat valid pada aspek isi dengan persentase 98,5%, sangat valid pada aspek penyajian dengan persentase 100%, dan valid pada aspek bahasa dengan persentase 78,75%, sehingga diperoleh E-LKPD yang sangat valid dengan persentase validitas secara keseluruhan sebesar 92,4%. Hasil penelitian menyatakan bahwa E-LKPD berbasis Ecopreneurship yang sudah dikembangkan dinyatakan layak secara teoritis dengan kategori sangat valid sehingga dapat diimplementasikan untuk melatihkan keterampilan wirausaha peserta didik kelas X SMA.
Kata kunci: validitas, e-LKPD, ecopreneurship, PjBL, daur ulang limbah.