PEMANFAATAN E-LKPD PLATFORM EDMODO MATERI FUNGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS KELAS X SMAM 10 GKB
Abstract
Platform E-LKPD Edmodo dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis karena lebih berfokus pada siswa (student center) . Kemudian, bahan ajar yang ringkas dan kaya tugas dapat memudahkan siswa untuk memahami materi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritisiswa, melalui E-LKPD Platform Edmodo materi jamur. Subjek penelitian 25 siswa kelas X MIA 2 SMA Muhammadiyah 10 Gresik Kota Baru (GKB). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pre-eksperimen dengan desain penelitian one shot case study. Platform E-LKPD Edmodo memuat judul kegiatan, petunjuk pembelajaran, prosedur kegiatan penelitian, materi umum, pretest, posttest yang digunakan mengukur pemahaman dan kemampuan berpikir kritis. Instrumen E-LKPD platform Edmodo disesuaikan dengan sintaks model pembelajaran inkuiri. Platform Edmodo dibagi menjadi tiga jenis akun yakni sebagai guru ( as teacher ) sebagai siswa ( as student) dan sebagai orang tua siswa ( as parent). Pengumpulan data hasil kemampuan berpikir kritis menggunakan metode tes. Hasil uji instrumen melalui nilai post test dan praktikum fungi menunjukkan hasil sebesar 88% (sangat praktis). Hasil n-gain score menunjukan total rata-rata sebesar 78% (efektif), dan hasil penilaian kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan 15 siswa mencapai tiga indikator berpikir kritis. Dan 10 siswa lainnya mencapai empat indikator berpikir kritis. Sehingga, platform E-LKPD Edmodo dikatakan efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata Kunci: Pengembangan instrumen E-LKPD, Platform Edmodo, Fungi (jamur), Kemampuan berpikir kritis, Student center .