Penerapan Model Inkuiri Berbantuan Aplikasi Youtube pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan untuk Meningkatkan HOTS Peserta Didik

  • Angga Eka Aldianto Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Susantini Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Perkembangan abad 21 menuntut perubahan pada bidang pendidikan sehingga peserta didik diharuskan memiliki keterampilan HOTS dalam pembelajaran. Hal tersebut mendasari Kemendikbudristek menerapkan kebijakan Kurikulum Merdeka 2022. Model inkuiri tipe terbimbing dinilai sesuai dengan penerapan kurikulum tersebut sekaligus dapat meningkatkan HOTS dan keterampilan proses peserta didik. Namun dalam penerapan model tersebut masih sedikit yang mengintegrasikannya dengan teknologi. Aplikasi YouTube dinilai dapat meningkatkan efektifitas model tersebut dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan ketercapaian dan peningkatan HOTS dari penerapan model inkuiri berbantuan aplikasi YouTube pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Taman Sidoarjo pada kelas XII IPA 5 diikuti sebanyak 36 peserta didik dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design dan teknik sampling Sampling Purposive serta analisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Keterlaksanaan pembelajaran selama 3x2JP dinyatakan terlaksana dengan sangat baik dengan persentase 94%, 97,5%, dan 93,75%. Ketercapaian HOTS mencapai 100% (interpretasi sangat baik) dan peningkatan N-gain sebesar 0,716 (interpretasi tinggi) diperincikan ketercapaian profil HOTS C4 metakognitif sebesar 82,222% dan C5 metakognitif sebesar 80% (interpretasi baik). Peserta didik juga memberikan respon yang sangat positif dengan persentase sebesar 89%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model inkuiri berbantuan aplikasi YouTube dapat meningkatkan HOTS peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan secara signifikan.

Published
2023-09-20
Section
Articles
Abstract Views: 102
PDF Downloads: 69