Kelayakan E-Flipbook Berbasis Hands-Minds on Activity untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Genetika

Authors

  • Nailul Minakh Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Susantini Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v12n3.p664-672

Abstract

Keterampilan berpikir kritis adalah salah satu tuntutan dari keterampilan pembelajaran abad 21. Keterampilan tersebut perlu dilatih dan diajarkan ke siswa sebagai syarat utama dalam mempersiapkan perubahan zaman yang semakin berkembang dan modern. Namun pada kenyataannya, terdapat kelemahan dalam keterampilan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, perlu dikembangkan bahan ajar e-flipbook yang dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini yakni menghasilkan e-flipbook berbasis Hands-Minds On Activity yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan e-flipbook ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Kelayakan e-flipbook dilihat dari tingkat validitas berdasarkan telaah tiga validator dan kepraktisan yang ditinjau dari keterbacaan dan respons siswa. Penelitian ini diujicobakan pada 36 siswa kelas XII MIPA 5 SMAN 1 Taman Sidoarjo. Hasil penelitian e-flipbook ini mendapat skor rata-rata validitas sebesar 3,72 dengan kategori sangat valid. Hasil keterbacaan e-flipbook berada pada kelas 11 dan respons siswa mendapat skor rata-rata sebesar 99,6% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan validitas dan kepraktisan, disimpulkan bahwa e-flipbook berbasis Hands-Minds On Activity layak untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-20

Issue

Section

Articles
Abstract views: 80 , PDF Downloads: 108

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>