Kelayakan E-Flipbook Berbasis Hands-Minds on Activity untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Genetika
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v12n3.p664-672Abstract
Keterampilan berpikir kritis adalah salah satu tuntutan dari keterampilan pembelajaran abad 21. Keterampilan tersebut perlu dilatih dan diajarkan ke siswa sebagai syarat utama dalam mempersiapkan perubahan zaman yang semakin berkembang dan modern. Namun pada kenyataannya, terdapat kelemahan dalam keterampilan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, perlu dikembangkan bahan ajar e-flipbook yang dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini yakni menghasilkan e-flipbook berbasis Hands-Minds On Activity yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan e-flipbook ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Kelayakan e-flipbook dilihat dari tingkat validitas berdasarkan telaah tiga validator dan kepraktisan yang ditinjau dari keterbacaan dan respons siswa. Penelitian ini diujicobakan pada 36 siswa kelas XII MIPA 5 SMAN 1 Taman Sidoarjo. Hasil penelitian e-flipbook ini mendapat skor rata-rata validitas sebesar 3,72 dengan kategori sangat valid. Hasil keterbacaan e-flipbook berada pada kelas 11 dan respons siswa mendapat skor rata-rata sebesar 99,6% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan validitas dan kepraktisan, disimpulkan bahwa e-flipbook berbasis Hands-Minds On Activity layak untuk digunakan.