Efektivitas LKPD Berbasis Collabotative Learning Materi Ekosistem untuk Melatih Literasi Sains Peserta Didik Kelas X

  • Diah Dwi Firnanda Universitas Negeri Surabaya
  • Sunu Kuntjoro Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pendidikan dengan sistem pembelajaran untuk meningkatkan kebutuhan dan karakteristik peserta didik menjadi salah satu gagasan utama dalam program Merdeka belajar khususnya pada kemampuan literasi sains, LKPD berbasis collaborative learning mampu menjadi bahan ajar yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar dalam penerapan literasi sains. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan 4-D (Define, Design, Develop dan Dissiminate), akan tetapi peneliti hanya melaksanakan sampai tahap Develop. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD berbasis collaborative learning pada materi ekosistem kelas X SMA untuk melatih kemampuan lierasi sains peserta didik dinilai valid berdasarkan hasil validasi 3 ahli yaitu dosen Pendidikan biologi, dosen biologi dan guru biologi SMA dengan nilai rata-rata sebesar 3,75%. LKPD yang berbasis collaborative learning materi ekosistem yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis berdasarkan  nilai rata-rata kepraktisan LKPD 1 dan LKPD 2 yaitu 94,19%. LKPD berbasis collaborative learning pada materi ekosistem kelas X SMA untuk melatih kemampuan literasi sains peserta didik dinilai efektif ditinjau dari hasil belajar peserta didik dihasilkan nilai rata-rata 94,19% dan respons peserta didik terhadap LKPD collaborative learning materi ekosistem dengan nilai rata-rata 94%.

Kata Kunci: Efektivitas, LKPD, Collaborative Learning, Literasi Sains, Ekosistem.

Published
2023-09-20
Section
Articles
Abstract Views: 75
PDF Downloads: 70