Pengembangan Media Kanobi (Kartu Uno Biologi) untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Analisis Peserta Didik Kelas XI SMA pada Materi Sel

  • Ida Purwanti Universitas Negeri Surabaya
  • Guntur Trimulyono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Keterampilan berpikir analisis merupakan suatu keterampilan untuk mencapai kemampuan berpikir tingkat tinggi yang meliputi beberapa proses kognitif yang terdiri dari membedakan, mengorganisasikan, dan mengatribusi. Pada materi sel keterampilan berpikir analisis peserta didik masih tergolong rendah, oleh karena itu dibutuhkan media untuk melatihkan keterampilan berpikir tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Kanobi (Kartu Uno Biologi) sebagai media ajar pada materi sel kelas XI SMA yang layak ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan, dan efektifitas. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Uji coba terbatas dilaksanakan terhadap 20 peserta didik kelas XI SMA. Validitas media Kanobi diperoleh dari penilaian tiga validator menggunakan instrumen lembar validasi. Kepraktisan media Kanobi dilihat dari keterlaksanaan aktivitas dan respons peserta didik. Keefektifan media Kanobi dilihat dari hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode validasi, observasi, tes, dan angket. Validitas media Kanobi memperoleh skor sebesar 3,86 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media Kanobi pada keterlaksanaan aktivitas persentase sebesar 98% dengan kategori sangat praktis dan diperkuat dengan hasil respons peserta didik memperoleh persentase sebesar 98% dikategorikan sangat praktis. Keefektifan media Kanobi pada ketuntasan dan peningkatan hasil belajar memperoleh skor N-gain sebesar 0,73 dengan kategori tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Kanobi dinyatakan layak diterapkan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: berpikir analisis, materi sel, hasil belajar, kanobi

Published
2024-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 39