Pengembangan Flipbook Ekosistem Berbasis Problem Based Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA

  • Adjeng Mayura Kusuma Universitas Negeri Surabaya
  • Herlina Fitrihidajati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Dengan munculnya teknologi komunikasi dan komputasi modern, sistem pendidikan Indonesia telah berkembang ke titik di mana kurikulumnya benar-benar otonom. Sayangnya, siswa masih harus mengandalkan buku teks yang ditulis untuk kurikulum lama karena kurangnya alternatif. Kebutuhan Kurikulum merdeka telah dipenuhi oleh solusi buku teks digital flipbook. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku flip ekosistem yang dapat diterapkan, sehat secara teoritis, dan didukung secara empiris untuk pembelajaran berbasis masalah untuk mengajar kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA. Kerangka kerja ADDIE digunakan dalam penelitian ini, menjadikannya penelitian pengembangan. Pertimbangkan konten, format, dan bahasa model dari perspektif yang masuk akal. Analisis uji keterbacaan flipbook tentang kelayakan praktis proyek disajikan. Review, validasi, dan uji keterbacaan flipbook digunakan dalam proses pengumpulan data. Tiga puluh delapan siswa kelas X3 SMAN 2 Lamongan berpartisipasi dalam penelitian ini. Analisis deskriptif kuantitatif kemudian dilakukan pada data yang dikumpulkan. Berdasarkan data yang dikumpulkan, rata-rata keterbacaan flipbook berada pada level 10, dan validitasnya ditemukan 99,2% dalam kategori luar biasa. Oleh karena itu, penggunaan flipbook ekosistem berbasis Problem Based Learning dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA.

Kata Kunci: Flipbook, Ekosistem, Problem Based Learning, Berpikir Kritis

Published
2024-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 44