Pengembangan Pengembangan E-Book berbasis Discovery Learning pada Materi Sistem Ekskresi untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v13n2.p285-295Abstract
Implementasi kurikulum merdeka diharapkan mampu melatihkan tuntutan kompetensi 4C pada abad 21 salah satunya kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis dapat dilatihkan menggunakan pendekatan saintifik discovery learning. Berdasarkan hal tersebut, perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan E-Book berbasis discovery learning, mendeskripsikan validitas serta kepraktisan E-Book. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Parameter dilihat dari tingkat validitas berdasarkan telaah tiga validator serta kepraktisan yang ditinjau dari keterbacaan dan respon peserta didik. Penelitian ini diujicobakan pada 36 peserta didik kelas XI Fase F-3 SMAS Hang Tuah 1 Surabaya. Validitas E-Book berdasarkan komponen aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, dan aspek melatihkan kemampuan berpikir kritis sebesar 3,84 berkategori sangat valid. Hasil uji keterbacaan E-Book yakni pada level 11 sesuai dengan sasaran pengguna peserta didik kelas XI SMA dengan persentase 91,6% kategori sangat baik. Respons peserta didik terhadap E-Book menunjukkan persentase positif sebesar 97,62% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, disimpulkan bahwa E-Book berbasis discovery learning pada materi sistem ekskresi yang dikembangkan valid dan praktis sebagai bahan ajar. Penggunaan E-Book dapat digunakan untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA karena E-Book dikembangkan untuk memfasilitasi peserta didik dalam berlatih kemampuan berpikir kritis.
Kata Kunci: E-Book, discovery learning, kemampuan berpikir kritis, sistem ekskresi.