Pengembangan Flipbook Berbasis Reciprocal Teaching pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif Siswa X SMA

  • Maulida Nurdiana Universitas Negeri Surabaya
  • Fida Rachmadiarti Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Anggorowati Rahayu Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Partnership for 21st Century Skills memperkenalkan keterampilan metakognitif sebagai komponen kunci pada pembelajaran abad ke-21. Keterampilan metakognitif menjadi bahasan menarik karena membantu siswa untuk merancang strategi dalam memecahkan masalah dan meyimpan informasi tersebut sepanjang hayat. Adanya media flipbook berbasis Reciprocal Teaching diharapkan dapat melatih keterampilan metakognitif siswa pada materi Perubahan lingkungan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan validitas dan kepraktisan flipbook sehingga didapatkan flipbook yang layak untuk melatihkan keterampilan metakognitif pada materi Perubahan lingkungan kelas X. Penelitian mengacu pada model pengembangan 4-D yaitu Define, Design, Develop, dan Desseminate. Penarikan sampel uji coba terbatas dilakukan oleh 10 orang siswa kelas X MIPA 4 di MA Unggulan Al – Falah. Data hasil validasi flipbook diperoleh dari tiga validator sedangkan kepraktisan flipbook diperoleh dari uji keterbacaan melalui Grafik Fry dan angket respon siswa yang kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil akhir uji validasi flipbook mendapat persentase skor 97,3 % tergolong kategori sangat valid. Hasil uji keterbacaan mendapatkan level 10 sesuai tingkat kelas pembaca SMA kelas X. Hasil angket respon siswa memperoleh skor 88,6 % tergolong kategori sangat praktis. Oleh sebab itu, pengembangan flipbook dinyatakan layak menurut aspek validitas dan kepraktisan dan cocok digunakan untuk media belajar.

Published
2024-05-31
Section
Articles
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 7