Pengembangan E-Book Materi Keanekaragaman Hayati untuk Melatihkan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA

Authors

  • Diana Jauharotul Farida Universitas Negeri Surabaya
  • Fida Rachmadiarti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v13n2.p445-457

Abstract

Abstrak

Literasi sains adalah keterampilan yang menjadi salah satu tuntutan pada abad ke-21 untuk melatih siswa dalam menyelesaikan masalah berdasarkan ilmu sains. Tingkat literasi sains siswa di Indonesia termasuk rendah. Melatihkan literasi sains dapat dilakukan melalui sumber belajar yang digunakan siswa seperti e-book. Materi keanekaragaman hayati dapat melatihkan literasi sains karena mengaitkan antara pengetahuan dasar siswa dengan lingkungan nyata di sekitar. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan e-book yang valid dan praktis untuk melatihkan literasi sains pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D yang terdiri atas tahap define, design, develop, dan disseminate. Parameter dalam penelitian ini adalah validitas, kepraktisan, keterbacaan, respons guru, respons siswa. Validitas e-book diperoleh berdasarkan hasil validasi oleh validator pada aspek penyajian, isi, dan kebahasaan. Kepraktisan e-book diperoleh dari keterlaksanaan e-book, keterbacaan e-book, respons guru, dan respons siswa. Kepraktisan e-book ditunjukkan melalui keterlaksanaan e-book diperoleh persentase skor sebesar 98,68% (sangat praktis) dengan nilai rata-rata, keterbacaan e-book pada level 10, respons guru mendapatkan persentase skor sebesar 100%, dan respons siswa diperoleh skor sebesar 97,68%  (sangat positif). E-book yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan sebagai sarana dalam melatihkan literasi sains siswa.

Kata Kunci: Sumber Belajar, E-book, Keanekaragaman Hayati, Literasi Sains.

  

Abstract

Scientific literacy is a skill that is one of the demands of the 21st century to train students to solve problems based on science. The level of scientific literacy of students in Indonesia is low. Practising scientific literacy can be done through learning resources used by students such as e-books. Biodiversity material can train scientific literacy because it links students' basic knowledge with the real environment around them. This research aims to produce a valid and practical e-book to train scientific literacy on biodiversity material. This research is development research with a 4D model consisting of define, design, develop and disseminate stages. The parameters in this research are validity, practicality, readability, teacher response, and student response. The validity of the e-book is obtained based on the results of validation by the validator on aspects of presentation, content and language. The practicality of e-books is obtained from the implementation of e-books, readability of e-books, teacher responses, and student responses. The practicality of e-books is shown through the implementation of e-books, obtaining a percentage score of 98.68% (efficient) with an average score, readability of e-books at level 10, teacher responses getting a percentage score of 100%, and student responses getting a score of 97.68% (very positive). The e-book developed was declared valid and practical for use as a means of training students' scientific literacy.

Keywords: Learning Resources, E-book, Biodiversity, Science Literacy.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-05-31

Issue

Section

Articles
Abstract views: 32 , PDF Downloads: 26