Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Know-Want-Learned: Bahan Ajar Digital untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif pada Submateri Pencemaran Lingkungan Kelas X SMA

Authors

  • Nazilatur Rohma Universitas Negeri Surabaya
  • Fida Rachmadiarti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n3.p719-727

Keywords:

E-LKPD, KWL, keterampilan metakognitif, pencemaran lingkungan

Abstract

Kemajuan teknologi di era society 5.0 mendorong pembelajaran yang inovatif guna menumbuhkan sikap mandiri dan kemampuan reflektif peserta didik. Keterampilan metakogntif yang melibatkan perencanaan, pemantauan, dan evaluasi pemahaman dinilai penting dalam meraih tujuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis strategi Know-Want-Learned (KWL) dalam melatihkan keterampilan metakognitif peserta didik pada submateri Pencemaran Lingkungan di kelas X SMA. Strategi KWL diintegrasikan dalam E-LKPD untuk mendorong keterlibatan aktif peserta didik dengan menggali pengetahuan awal (Know), menetapkan keingintahuannya (Want), dan merefleksikan hasil belajarnya (Learned). Bahan ajar ini diuji coba secara terbatas di kelas X-1 SMA Labschool Unesa 1 dengan menerapkan metode Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Parameter yang diukur adalah validitas dan keterbacaan E-LKPD. Validitas E-LKPD ditinjau berdasarkan penilaian validator terhadap syarat didaktik (isi), konstruksi (kebahasaan), teknis (penyajian). Keterbacaan E-LKPD ditinjau berdasarkan angket respon yang diisi oleh peserta didik. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata validitas E-LKPD 1 dan E-LKPD 2 mencapai 100% dan 99,75%, yang tergolong dalam kategori sangat valid untuk digunakan. Hasil keterbacaan berdasarkan respons peserta didik mencapai 100%, yang tergolong dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, E-LKPD berbasis KWL yang dikembangkan layak untuk diaplikasikan sebagai bahan ajar digital yang mendukung keterampilan metakognitif peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhadah, N., & Yuliani, Y. (2019). Keefektifan LKPD Berorientasi Strategi Know-Want-Learned (KWL) pada Materi Fotosintesis untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 8.

Alsalhi, N. R., Taani, O., & Al Arabi, K. S. (2023). Impact of the Know-Want-Learn (KWL) Strategy on Academic Mathematics Achievements for International Students. Journal of International Students, 13(3), 460–478.

Andarwati, I. D., Susantini, E., Bashri, A., & Ruswanto. (2019). The Students Worksheet Development on Fungi Based on The Plus KWL’s Strategy to Train the Metacognitive Skills. Jurnal Riset Biologi Dan Aplikasinya, 1(1), 33–39.

Apsari, A. W., & Ambarwati, R. (2023). Development of Blended Learning Tools for Biodiversity Material to Increase Self Regulated Learning for Student. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 4(2), 80–99.

Damayanti, A., Z, R. H., & Febriani, W. D. (2024). Optimalisasi Penggunaan LKPD Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Komunikasi Jenis Visual. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(1), 100–101. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i1.2091

Fauziah, S. (2018). Pembelajaran Bahasa yang Sesuai dengan Perkembangan Anak. AL-MUNZIR, 11(2).

Firmansyah, A., & Jiwandono, N. R. (2022). Kecenderungan Guru dalam Menerapkan Pendekatan Student Centre Learning dan Teacher Centre Learning dalam Pembelajaran. Jurnal Guru Indonesia, 2(1), 33–39. https://doi.org/10.51817/jgi.v2i1.229

Habsy, B., Lestari, P., Maulidynan, D., & Karim, N. (2024). Integrasi Teori Perkembangan Kognitif Jeanpiaget dan Perkembangan Bahasa Vygotsky dalam Pembelajaran: Pemahaman dan Penerapan di Sekolah. Tsaqofah: Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 4(2).

Hasanah, A. U., & Yuliani. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Strategi KWL (Know-Want-Learned) untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(3), 785–795. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n3.p785-795

Hidayati, N. L., & Rachmadiarti, F. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis PBL Sub Materi Pencemaran Lingkungan untuk Melatih Keterampilan Literasi Sains (Mendukung SDGs Poin 6 dan 13). Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 13(3).

Iryanti, M. W., & Puspitawati, R. P. (2021). Validitas LKPD Berbasis Strategi KWL (Know-Want-Learned) untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif pada Materi Pembelahan Sel Siswa SMA Kelas XII. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 229–239. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p229-239

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Kuswara, Lume, Fauzi Haryadi, Mahnep, L. Ependi, Nadzar Abd. Basith, & Eka Marta Rahayu. (2024). Keterampilan Metakognitif Siswa SMA Nahdlatul Wathan Mataram pada Mata Pelajaran Biologi. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 8(1), 21–28. https://doi.org/10.32502/didaktikabiologi.v8i1.54

Maghfiroh, K., & Susantini, E. (2023). Pengembangan E-Book Berorientasi Strategi Know-Want-Learned (KWL) untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif pada Materi Genetika Peserta Didik SMA Kelas XII. 12(3).

Modanggu, I., & Pratama, M. I. L. (2024). Analisis Respon Peserta Didik Terhadap Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Web Liveworksheets Pada Mata Pelajaran Geografi. 3(2).

Murti, S. A. M., & Puspitawati, R. P. (2022). Validitas E-LKPD Interaktif Berbasis Collaborative Learning pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 5(1), 22–32.

Nadifatinisa, N., & Sari, P. M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Kelas V. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2), 344. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37574

Nisa, A. K., Tinofa, N. A., Noptario, N., & Abdullah, F. (2024). Transisi Pembelajaran Teacher Centered Menuju Student Centered: Penguatan Literasi Teknologi Siswa Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1453–1460. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.920

Nisa’, W. Z., & Fitrihidajati, H. (2024). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik Berbasis Problem Based Learning pada Sub Materi Pencemaran Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 13(1).

Nisak, S. Z., & Trifauzi, F. (2024). Penerapan Metode Student Centered Learning (SCL) dalam Meningkatkan Daya Pikir Kritis Siswa MI Sunan Giri Boro Tahun Ajaran 2023/2024. 6.

Putri, B. C., & Ambarwati, R. (2023). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Strategi Know-Want-Learned (KWL) pada Materi Vertebrata untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif Peserta Didik SMA Kelas X. 12(2).

Suroya, S. H., Torrens, G. E., & Downs, S. T. (2024). Font Matters: Investigating the Typographical Components of Legibility. International Journal of Research and Innovation in Social Science (IJRISS), 8(9).

Suryaningtyas, S., & Setyaningrum, W. (2020). Analisis kemampuan metakognitif siswa SMA kelas XI program IPA dalam pemecahan masalah matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 74–87. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.16049

Susantini, E. (2017). Strategi Belajar Metakognitif: Teori dan Implementasi. Unesa University Press.

Zulfiana, Z., & Indana, S. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis KWL (Know-Want-Learned) Materi Substansi Genetik untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Peserta Didik. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 481–491. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p481-491

Downloads

Published

2025-09-30

Issue

Section

Articles
Abstract views: 179 , PDF Downloads: 28

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.