Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terintegrasi Model SICOMO terhadap Kemampuan Komunikasi Sains Siswa Kelas XI

Authors

  • Intan Az Zahra Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Usman Usman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Dwi Ratnasari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ika Rifqiawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n2.p523-529

Keywords:

pembelajaran berdiferensiasi, komunikasi sains, sistem ekskresi

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi yang diintegrasikan dengan menggunakan model pembelajaran Searching Information, Communication, and Information (SICOMO) merupakan pengajaran yang masih belum banyak dilakukan oleh pengajar di dalam kelas. Dalam penelitian ini berusaha untuk memberikan gambaran terkait hasil dari model pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent (pretest-posttest) control group design. Penelitian dilakukan di SMA Yuppentek 1 Kota Tangerang dengan seluruh kelas XI sebagai populasi. Sampel penelitian yaitu kelas XI 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI 3 sebagai kelas eksperimen yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Pada kelas kontrol model pembelajaran yang diterapkan adalah Project Based Learning (PjBL), sedangkan pada kelas eksperimen pembelajaran berdiferensiasi terintegrasi model SICOMO. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan observasi sebagai studi pendahuluan, tes soal uraian untuk mengukur kemampuan komunikasi sains tulisan. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS 25 menggunakan Uji T Sample Independent. Pada hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai uji > dari 0,05 dengan hasil pada uji kemampuan komunikasi tulisan sebesar 0,01 sehingga H0 ditolak, H1 diterima, dengan demikian terdapat peningkatan kemampuan komunikasi sains siswa yang diajar melalui pembelajaran berdiferensiasi terintegrasi model SICOMO.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdjul, Dian. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Buntulia.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 8(1):343. doi: 10.37905/aksara.8.1.343-348.2022.

Dewi, Rianti Adisti Puspa, Budhi Akbar, and Meitiani. 2022. “Analisis Kemampuan Komunikasi Sains Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas X.” AL-NAFIS: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi 2(1):1–7.

Khairuna, Khairuna, Hafnati Rahmatan, M. Ali Sarong, Supriatno Supriatno, and Andi Ulfa Tenri Pada. 2021. “Penerapan Model Discovery Learning Dengan Pemanfaatan Virtual Laboratory Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Ekskresi.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 9(2):280–92. doi: 10.24815/jpsi.v9i2.18875.

Khofshoh, Jazilatul. 2023. “Efektivitas Model Dl Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Dan Model Pbl Terhadap Hasil Belajar.” Mathematic Education Journal) MathEdu 6(2):1–7.

Kulgemeyer, Christoph, and Horst Schecker. 2013. “Students Explaining Science-Assessment of Science Communication Competence.” Research in Science Education 43(6):2235–56. doi: 10.1007/s11165-013-9354-1.

Listiana, Yhesa Rooselia. 2021. “Dampak Globalisasi Terhadap Karakter Peserta Didik Dan Kualitas Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(1):1544–50.

Malik, Ranbir Singh. 2018. “Educational Challenges in 21 Century and Sustainable Development.” Sustainable Development Education and Research | 2(1):9–20.

Martanti, Fitria, Joko Widodo, Rusdarti Rusdarti, and Agustinus Sugeng Priyanto. 2022. “Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana ISSN 26866404 Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Diferensiasi Pada Mata Pelajaran IPS Di Sekolah Penggerak.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana 5(1):415–17.

Maulana. 2022. “Pengaruh Teknologi Terhadap Pendidikan Di Era Globalisasi.” Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah 2(3):371–76.

Paojiah, Evi, Suhendar Suhendar, and Gina Nuranti. 2021. “Expert Novice Dialog (END) Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Menilai Kemampuan Komunikasi Sains.” Biodik 7(3):93–104. doi: 10.22437/bio.v7i3.13340.

Pasaribu, Benny, Aty Herawati, Kabul Wahyono Utomo, and Rizqon Halal Syah Aji. 2022. Metodologi Penelitian Untuk Ekonomi Dan Bisnis. edited by A. Muhaimin. Tangerang: Media Edu Pusaka.

Quraisy, Andi. 2020. “Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov Dan Saphiro-Wilk.” 3:7–11.

Rahayu, Fifi Fatmawati, Irfiani Shafira, Ami Aviatin Avivi, Marlina Saptariana, Andri Purnama, Pendidikan Profesi, Guru Prajabatan, Fakultas Keguruan, and Ilmu Pendidikan. 2023. “Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Ekosistem Kelas X Sma.” Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora 3(3):244–50.

Rahayu, Restu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, Asep Herry Hernawan, and Prihantini Prihantini. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak.” Jurnal Basicedu 6(4):6313–19. doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3237.

Rahma, Ira, Sistiana Windyariani, and Suhendar Suhendar. 2020. “Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Pada Materi Ekosistem.” Biodik 6(3):281–89. doi: 10.22437/bio.v6i3.9551.

Rukminingsih, Gunawan Adnan, and Mohammad Adnan Latief. 2020. Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Vol. 53. Yogyakarta: Erhaka Utama.

Ruqoyyah, Siti. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Ma Melalui Contextual Teaching and Learning.” P2M STKIP Siliwangi 5(2):85. doi: 10.22460/p2m.v5i2p85-99.1052.

Saharsa, Ulpi, Muhammad Qaddafi, and Baharuddin. 2018. “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Based Laboratory Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika.” Jurnal Pendidikan Fisika 6(2):57–64. doi: https://doi.org/10.24252/jpf.v6i2.5725.

Santoso, Imam, and Harries Madiistriyatno. 2021. Metodologi Penelitian Kuantitatif. 1st ed. Tangerang: Indigo Media.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R and D. Vol. 3. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sulistyosari, Yunike, Hermon Maurits Karwur, and Habibi Sultan. 2022. “Penerapan Pembelajaran Ips Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar.” Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN 7(2):66–75. doi: 10.15294/harmony.v7i2.62114.

Susilawati, Selpi, Windyariani Sistiana, and Nuranti Gina. 2023. “Pengembangan E-Module Berbasis Inkuiri Terstruktur Untuk Melatih Keterampilan Argumentasi Siswa SMP/MTs.” Jurnal Pendidikan Mipa 13(3):563–72. doi: 10.37630/jpm.v13i3.1107.

Suwandi, Ferina Putri Ery, Khoiriyati Kaulina Rahmanigrum, Endah Trie Mulyosari, Praja Mulyantoro, Yanuartun Ika Sari, and Banun Havifah Cahyo Khosiyono. 2023. “Strategi Pembelajaran Diferensiasi Konten Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 1(1):57–66.

Tyansha, Rival Arief. 2019. “Kemampuan Komunikasi Sains Siswa Pada Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah Menggunakan Socioscientific Issue.” Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Wiyanto, Sania Tafryda &. 2022. “Pengembangan Instrumen Daring Untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi Sains Berbasis Multirepresentasi Peserta Didik Pada Materi Gerak Lurus.” UPEJ Unnes Physics Education Journal 11(2):92–102.

Zahranie, L. R., U. Usman, M. E. Hendriyani, and Suppamai Promkaew. 2023. “Development of Differentiated Instruction Module Based on SICOMO (Searching Information Communication Modeling) on Membrane Transport Concept to Improve Critical Thingking.” Biodidaktika: Jurnal Biologi Dan Pembelajaran 18(2):104–16.

Zahranie, Laila Rahmah. 2023. “Pengembangan Modul Ajar Berdiferensiasi Berbasis SICOMO (Searching Information Communication Modelling) Pada Materi Transpor Membran Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Siswa Di SMAN 10 Pandeglang.” Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Downloads

Published

2025-05-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 128 , PDF Downloads: 25

Similar Articles

<< < 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.