Pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n2.p374-382Keywords:
LKPD, Project Based Learning, Berpikir kritis, Perubahan LingkunganAbstract
Fokus penerapan Kurikulum Merdeka termasuk dalam kompetensi abad ke-21 seperti literasi digital, kreativitas, komunikasi, berpikir kritis, pemecahan masalah, dan kolaborasi. Berpikir kritis sangat perlu untuk dilatihkan karena dengan berpikir kritis, siswa dapat diasah kemampuannya untuk mengamati berbagai situasi, membuat pertanyaan, merumuskan hipotesis, menjalankan observasi, mengumpulkan data, sebelum sampai pada kesimpulan. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan validitas, dan keefektifan LKPD perubahan lingkungan berbasis Project Based Learning. Penelitian ini mengikuti langkah-langkah model 4D (Define, Design, Develop dan Disseminate) dalam pengembangannya. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode validasi, observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon, dan tes. LKPD yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid berdasarkan kriteria aspek penyajian, isi, dan kebahasaan rata-rata sebesar 92%. LKPD dinyatakan efektif, diperoleh dari nilai hasil tes peserta didik yaitu ketuntasan tes keterampilan berpikir kritis dengan hasil N-gain mencapai 0,75 (kategori tinggi). Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa LKPD berbasis Project Based Learning pada materi perubahan lingkungan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis yang dikembangkan valid, dan efektif.
Downloads
References
Anggraini, N., & Nazip, K. (2023) Buku Ajar Pengantar Ilmu Lingkungan. Palembang. Bening media Publishing
Anggraini, R., Wahyuni, S., & Lesmono, A. D. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Keterampilan Proses Di Sman 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 4(4).
Apriliani, E. A., Afandi, Marlina, R. (2021). Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Di Era Abad 21. Pontianak. Seminar Nasional Pendidikan Biologi.
Astri, E. K., Siburian, J., & Hariyadi, B. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Berkomunikasi Peserta Didik. BIODIK, 8(1), 51–59.
Az-zahra, S. D., Hartati, S., & Yuliawati, A. (2023). Keterampilan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan menggunakan model DLPS berbantu media Nearpod. Bandung. Gunung Djati Conference Series. Vol. 30.
Ennis, R. H. (2015). The Nature of Critical Thinking: Outlines of General Critical Thinking Disposition and Abilities. Sixth International Conference on Thinking at MIT,, 1–8.
Fakhri, A. (2023). Kurikulum Merdeka Dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran: Menjawab Tantangan Sosial Dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21. Proceeding Umsurabaya.
Krajcik, J. S., & Shin, N. (2014). Project-based learning. In R. K. Sawyer (Ed.). The Cambridge handbook of the learning sciences
Lai, E. R. (2011). Critical thinking: a Literature review. Author, Pearson Assessments.
Mutakinati, L., Anwari, I., & Kumano, Y. (2018). Analysis of Students’ Critical Thinking Skill of Middle School through STEM Education Project-Based Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 54–65.
Nurfidianty Annafi, Ashadi dan Sri Mulyani. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA. Jurnal Inkuiri. ISSN: 2252-7893. Vol 4. No. 3
Pratiwi, E., Widodo, S., Perdana, R., & Sabdaningtyas, L. (2023). Project-based learning LKPD for improving students’ critical thinking skills. AIP Conference Proceedings, 2621(1).
Puspitasari, E., Sumarmi, Amirudin, A. (2016). Integrasi Berpikir Kritis Dan Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran Geografi Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik SMA, Malang. Jurnal Pendidikan
Putri, W. I., Sundari, P. D., Mufit, F., & Dewi, W. S. (2023). Analisis keterampilan berpikir kritis siwa SMA pada materi pemanasan global. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 8(4). 2434.
Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung. Alfabet.
Rizki, Yuliana dan Z . A . Imam Supardi. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Pada Materi Pokok Perpindahan Kalor Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa. Surabaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika.
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Salirawati, D. (2004). Penyusunan dan kegunaan LKS dalam Proses Pembelajaran.
Sampurno, A. (2009) Penerapan Metode Belajar Akif dalam Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Tesis. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sari, E. C. (2022). Kurikulum Di Indonesia: Tinjauan Perkembangan Kurikulum Pendidikan. STAK Anak Bangsa.
Setiawan, W. E., & Rusmana, N. E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Memperbaiki Miskonsepsi Siswa Tentang Materi IPA kelas V SD. Tunas Bangsa Journal, 7(1), 116-126.
Sihafudin, A., dan Trimulyono, G. 2020. Validitas Dan Keefektifan LKPD Pembuatan Virgin Coconut Oil Secara Enzimatis Berbasis PBL Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Bioteknologi. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(1). 73-79
Suharsimi, A. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. PT Lintas Kreasi Imaji.
Supiati, siti evi samrotu, Hikmawati, vitta yaumul, dan Suryaningsih, yeni, 2024, Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa, Majalengka, Pedagogi Biologi, Vol. 02No. 01
Surono, E. T., Kristin, F., & Anugrah eni, I. (2019). Penerapan Model Pembeljaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Tema 9 Sub Tema 1 Kekayaan Sumber Energi Indonesia Kelas 4 Sd Negeri Patemon 01. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 780-789.
Suryaningsih, D., & Rahayu, Y. S. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Guided Inquiry Materi Pertumbuhan dan Perkembangan untuk Melatih Keterampilan Literasi Sains. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(2), 224-232..
Susantini, E. (2012). Pengembangan Petunjuk Praktikum Genetika untuk Melatih Keterampilan Berpikir kritis. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia Vol. 2, hlm. 102-108
Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.
Wayudi, M., Suwatno, S., & Santoso, B. (2020). Kajian Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 67–82.
Widana, I. W.; Parawarta, I M. Y.; Parmithi, N. N.; & Jayantika, I. G. A. T.; Sukendra, Komang; Sumandya, I Wayan. (2018). High order thinking skills assessment towards critical thinking on mathematics lesson. International Journal of Social Sciences and Humanities(IJSSH)., 2 (1). pp. 24-32. ISSN 2550-7001
Wiryono. (2013). Pengantar Ilmu Lingkungan. Bengkulu. Pertelon Media.

