Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Discovery Learning untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Siswa SMA Kelas X

Authors

  • Hanik Khalawati Universitas Negeri Surabaya
  • Novita Kartika Indah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n3.p587-596

Keywords:

E-Modul Interaktif, discovery learning, literasi sains, ekosistem

Abstract

Pengembangan keterampilan literasi sains merupakan prioritas utama dalam capaian pembelajaran fase E di tingkat SMA. Berdasarkan laporan PISA 2022, keterampilan literasi sains siswa di Indonesia mengalami penurunan. Literasi sains perlu diterapkan dalam pembelajaran interaktif untuk mendukung penguasaan konsep materi ekosistem, salah satunya dengan penggunaan e-modul interaktif berbasis Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif berbasis Discovery Learning yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif dalam melatihkan keterampilan literasi sains siswa kelas X SMA. Penelitian ini mengadopsi model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan uji coba terbatas dilakukan kepada 30 siswa kelas X-5 SMAN 1 Gedangan. Tingkat validitas e-modul diperoleh dari penilaian para validator, kepraktisan diukur melalui uji keterbacaan Grafik-Fry dan respon siswa, serta keefektifan dinilai dari hasil belajar siswa dan ketercapaian indikator literasi sains. Data dianalisis secara kuantitatif deskriptif. Hasil validasi menunjukkan nilai rata-rata 99,67% yang termasuk dalam kategori sangat valid. Uji keterbacaan menunjukkan kesesuaian dengan kemampuan berpikir siswa kelas X, dan respon siswa menunjukkan tingkat kepraktisan sebesar 98% dan termasuk dalam kategori sangat praktis. Hasil belajar siswa memperoleh rata-rata nilai 88,06 dengan persentase ketuntasan 100% pada sub materi komponen penyusun ekosistem dan rata-rata nilai 89,4 dengan persentase ketuntasan 100% pada sub materi interaksi antar komponen ekosistem. Ketercapaian indikator literasi sains memperoleh rata-rata persentase capaian 88,21% pada sub materi komponen penyusun ekosistem dan memperoleh rata-rata persentase capaian 89,40% pada sub materi interaksi antar komponen ekosistem. Berdasarkan keseluruhan hasil tersebut, maka e-modul interaktif berbasis Discovery Learning dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awwalina, N. M., & Indana, S. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis QR Code untuk Melatihkan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA pada Materi Ekosistem. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(3), 712–721. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n3.p712-721

BSNP. 2014. Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan

Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 433–441.

Faridah, U., Sri Rahayu, Y., & Kusuma Dewi, S. (2022). PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF UNTUKMELATIHKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS SISWAMATERI TRANSPOR MEMBRAN. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan …, 11(2), 394–404. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu

Hidayati, N. A. R., & Indana, S. (2025). PENGEMBANGAN FLIPBOOK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS SISWA KELAS X SMA. 14(1), 32–44.

Irawan, E., & Suryo, T. (2017). Implikasi Multimedia Interaktif Berbasis Flash Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 33. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.17

Jufrida, J., Basuki, F. R., Pangestu, M. D., & Djati Prasetya, N. A. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Ipa Dan Literasi Sains Di Smp Negeri 1 Muaro Jambi. EduFisika, 4(02), 31–38. https://doi.org/10.22437/edufisika.v4i02.6188

Karmita, K., Sirih, M., & Ahmad, S. W. 2023. Pengaruh Literasi Sains dan Minat Belajar terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X di SMA Negeri 2 Kendari. Jurnal Biofiskim: Pembelajaran IPA. 4(2): 107–118.

Khairunnisa, F., & Mayrita, H. (2019). Evaluasi Komponen Kelayakan Isi Buku Ajar Bahasa Indonesia: Kesesuaian Materi dengan Kurikulum. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(1), 408–416.

Mardia, A., & Sundara, V. Y. (2020). Pengembangan Modul Program Linier Berbasis Pembelajaran Mandiri. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 9–18. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.9090

Medianty, S. U., Bahar, A., & Elvinawati, E. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Dengan Menggunakan Media Video Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Ipa 1 Sman 1 Kota Bengkulu. Alotrop, 2(1), 58–65. https://doi.org/10.33369/atp.v2i1.4689

Meiliza, Z., Inayah, A. M., & Irmawati, M. (2023). Sosialisasi Penyusunan E-Modul Interaktif Berbasis IT. SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 31–40. https://doi.org/10.31605/sipakaraya.v2i1.2990

Muhammad, S. N., Listiani, L., & Adhani, A. (2018). Hubungan antara literasi sains dan rasa ingin tahu siswa pada materi ekosistem. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(2), 112–116. https://doi.org/10.30738/natural.v5i2.2935

Nurhidayah, A., & Suwarna, I. P. (2024). Pengaruh Virtual Reality Berbasis Model Problem Based Learning terhadap Peningkatan Literasi Sains pada Materi Tata Surya. 1(1), 107–119.

OECD. (2025). PISA 2025 Science Framework. Organisation for Economic Co-operation and Development. https://pisa-framework.oecd.org/science-2025/

Parisu, C. Z. L., Saputra, E. E., & Lasisi, L. (2025). Integrasi Literasi Sains Dan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(1), 864-872.

Pebriana, P. H. (2023). Research & Learning in Primary Education Analisis Keterbacaan Buku Teks Siswa Kelas IV Pada Tema I Dengan Menggunakan Grafik Fry. 3.

Pradita, M. R., & Lubis, F. (2018). KELAYAKAN ISI DAN BAHASA BUKU AJAR BAHASA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VIII KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017 PENERBIT KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN. 281–294.

Pujiningtyas, M. R., Minarti, I. B., & Sa’diyah, S. (2023). Implementasi Discovery Learning Pada Materi Ekosistem Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 8(1), 21. https://doi.org/10.24127/jlpp.v8i1.2636

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran dan Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Rijal, Ramlawati, & Tahir, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry dalam Upaya Meningkatkan Literasi Sains di Kelas VIII SMPN 1 Pallangga. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 913–922.

Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul BeroSuarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 2(3), 193. https: Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 2(3), 193.

Tillah, N. F., & Subekti, H. (2025). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP BERDASARKAN INDIKATOR DAN LEVEL LITERASI SAINS. 12(1), 137–154.

Ulfa, U., Saptaningrum, E., & Kurniawan, A. F. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Terhadap Penguasaan Literasi Sains Siswa. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 2(2), 257. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v2i0.16408

Utami, S., Lukitasari, M., & Boncowati, M. (2023). INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF LEVEL HOTS UNTUK BIOLOGI SMA BERBASIS KURIKULUM MERDEKA.

Wijaya, J. E., & Vidianti, A. (2020). The effectiveness of using interactive electronic modules on student learning outcomes in education innovation course. In International Conference on Progressive Education (ICOPE 2019) (pp. 86-89). Atlantis Press.

Downloads

Published

2025-09-30

Issue

Section

Articles
Abstract views: 395 , PDF Downloads: 106

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.