Hubungan antara Persepsi terhadap Kualitas Layanan dengan Kepuasan Konsumen pada Pengguna Jasa Kantor Pos Gempol

  • KIKI ANDRIANI
  • HERMIEN LAKSMIWATI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara persepsi terhadap kualitas layanan dengan kepuasan konsumen pada pengguna jasa kantor pos Gempol. Variabel yang dikaji pada penelitian ini adalah variabel persepsi terhadap kualitas layanan sebagai variabel bebas dan variabel kepuasan konsumen sebagai variabel terikat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 78 pengguna jasa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik sampling purposive. Data diperoleh dari skala persepsi terhadap kualitas layanan dan skala kepuasan konsumen. Analisis data menggunakan teknik analisis korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi terhadap kualitas layanan dengan kepuasan konsumen pada pengguna jasa kantor pos Gempol dengan nilai signifikasi 0,000 dan memiliki nilai koefisien korelasi sebesar 0,778 dengan arah hubungan yang positif. Nilai r = 0,778 berarti bahwa variabel bebas dan variabel terikat memiliki korelasi yang kuat, yang artinya sebesar 77,8% variasi pada kepuasan konsumen dipengaruhi oleh persepsi terhadap kualitas layanan, sedangkan sisanya sebesar 22,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Arah hubungan yang positif artinya semakin tinggi persepsi kualitas layanan maka semakin tinggi pula kepuasan konsumen pada pengguna jasa kantor pos Gempol.



Published
2018-08-21
How to Cite
ANDRIANI, K., & LAKSMIWATI, H. (2018). Hubungan antara Persepsi terhadap Kualitas Layanan dengan Kepuasan Konsumen pada Pengguna Jasa Kantor Pos Gempol. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/25308
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 541