Hubungan antara Persepsi terhadap Kualitas Layanan dengan Kepuasan Konsumen pada Pengguna Jasa Kantor Pos Gempol
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v5i2.25308Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara persepsi terhadap kualitas layanan dengan kepuasan konsumen pada pengguna jasa kantor pos Gempol. Variabel yang dikaji pada penelitian ini adalah variabel persepsi terhadap kualitas layanan sebagai variabel bebas dan variabel kepuasan konsumen sebagai variabel terikat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 78 pengguna jasa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik sampling purposive. Data diperoleh dari skala persepsi terhadap kualitas layanan dan skala kepuasan konsumen. Analisis data menggunakan teknik analisis korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi terhadap kualitas layanan dengan kepuasan konsumen pada pengguna jasa kantor pos Gempol dengan nilai signifikasi 0,000 dan memiliki nilai koefisien korelasi sebesar 0,778 dengan arah hubungan yang positif. Nilai r = 0,778 berarti bahwa variabel bebas dan variabel terikat memiliki korelasi yang kuat, yang artinya sebesar 77,8% variasi pada kepuasan konsumen dipengaruhi oleh persepsi terhadap kualitas layanan, sedangkan sisanya sebesar 22,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Arah hubungan yang positif artinya semakin tinggi persepsi kualitas layanan maka semakin tinggi pula kepuasan konsumen pada pengguna jasa kantor pos Gempol.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

