Studi Kasus Tentang Konsep Diri Anak Jalanan Yang Bersekolah
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v6i2.28361Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep diri anak jalanan yang bersekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini sejumlah 2 orang dan penelitian ini memiliki 6 Significant Other yang terdiri dari orang tua, teman dekat dan teman sekolah. teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kredibilitas dengan triangulasi sumber data. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tematik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak jalanan yang bersekolah memiliki konsep diri yang negatif, karena partisipan dalam penelitian ini dipengaruhi oleh lingkungan sosial dimana lingkungan sosial tempat partispan bermain sebagian besar berusia jauh diatasnya dan rata-rata tidak memiliki pekerjaan, serta riwayat pendidikan teman-teman partisipan juga kurang baik. Hal ini menyebabkan kesadaran partisipan akan pentingnya pendidikan kurang. Penilaian orang lain juga menjadi salah satu penyebab konsep diri pada diri partisipan menadi negatif, karena penilaian yang buruk dari orang lain membuat partisipan menjadi rendah diri. Salah satu cara untuk mengatasi konsep diri partisipan agar menjadi lebih baik yaitu dimulai dari orang-orang sekitar yang harus lebih menghargai semua usaha yang dilakukan partisipan untuk mengubah konsep dirinya dengan mengurahi penilaian buruk atas dirinya. Partisipan akan lebih merasa dihargai, sehingga partisipan tidak lagi merasa rendah diri. Lingkungan sosial juga harus di perbaiki dengan cara teman-teman tempat dimana partisipan berada lebih memberikan dukungan agar partisipan merasa pendidikan itu penting sehingga konsep diri partisipan akan menjadi lebih baik lagi.
Kata kunci : Konsep diri, Anak jalanan, BersekolahDownloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.