PSYCHOLOGICAL WELL-BEING REMAJA MADYA YANG MENGALAMI HAMIL DI LUAR PERNIKAHAN

  • Dinda Astari Universitas Negeri Surabaya
  • Hermien Laksmiwati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Kasus remaja hamil di luar pernikahan mengalami kenaikan setiap tahun di Indonesia, sehingga penelitian ini menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran kondisi kesejahteraan psikologis (psychological well-being) remaja madya (15-18 tahun)  yang mengalami hamil di luar pernikahan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi terstruktur dengan subjek yang kemudian akan dianalisis menggunakan teknik analisis data IPA (Interpretative phenomenological analysis). Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan metode member check yakni dengan melakukan pengecekan ulang data yang diperoleh peneliti. Penelitian ini menghasilkan tiga topik utama yakni gambaran kesejahteraan psikologis, pengaruh hamil di luar pernikahan terhadap kehidupan, dan upaya yang dilakukan dalam memperbaiki diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama yang dapat mempengaruhi kondisi kesejahteraan psikologis seseorang adalah dukungan sosialyang diperoleh dari orang-orang terdekat.

Kata Kunci: Psychological well-being, remaja madya, hamil di luar pernikahan.

 

Abstract

Case of adolescents pregnancy out of wedlock has increased every year in Indonesia, so this research is an interesting topic to discuss. This study aims to describe the psychological well-being of middle adolescents (15-18 years old) who experience a pregnancy out of wedlock. The research method used in this research is qualitative method with a phenomenological approach. Data collection was carried out through semi-structured interview with subject and then analyzed using data analysis techniques IPA (Interpretative phenomenological analysis). The validity of the data using member check method by rechecking data obtained by researchers. This study resulted in three main topics, the description of psychological well-being, the effect of pregnancy out of wedlock on life, and efforts made to improve oneself. The results of the study indicate that the main factor that can affect a psychological well-being is the support from the closest people.

Keyword: Psychological Well-Being, Middle Adolescents, Pregnancy Out of Wedlock

Published
2021-07-12
How to Cite
Astari, D., & Laksmiwati, H. (2021). PSYCHOLOGICAL WELL-BEING REMAJA MADYA YANG MENGALAMI HAMIL DI LUAR PERNIKAHAN. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 8(7), 135-145. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/41893
Abstract Views: 442
PDF Downloads: 858