PENGARUH PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN TERHADAP STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA

  • Gigih Angolah Pakerti Universitas Negeri Surabaya
  • Damajanti Kusuma Dewi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pandemi yang melanda seluruh dunia mengakibatkan lumpuhnya banyak kegiatan, salah satunya kegiatan belajar mengajar. Guna mengurangi resiko penyebaran Covid-19, kegiatan belajar mengajar berubah menjadi dalam jaringan (daring). Proses pembelajaran daring yang berlangsung memunculkan kendala serta tuntutan yang dapat membuat mahasiswa mengalami stres akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara pembelajaran daring terhadap stres akademik pada mahasiswa. Penelitian dilakukan pada 348 mahasiswa angkatan 2021 Fakultas Ilmu Pendidikan. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah adaptasi dari Perceived Academic Stress Scale (PAS) dan Perception of Students towards Online Learning (POSTOL). Teknik analisis data yang digunakan merupakan analisis regresi linier sederhana yang dipilih untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap stres akademik. Hasil menunjukkan bahwa pembelajaran dalam jaringan berpengaruh negatif signifikan terhadap stres akademik pada mahasiswa. Analisis korelasi product moment dilakukan untuk melihat hubungan antara kedua variabel dengan hasil koefisien korelasi sebesar -0.181. Hasil menunjukkan bahwa hubungan antara kedua variabel tersebut masuk dalam kategori hubungan lemah dan memiliki arah hubungan yang negatif. Persepsi positif mahasiswa terhadap pembelajaran daring mampu menurunkan stres akademik. Manfaat yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah memberi informasi terkait stres akademik pada mahasiswa yang sedang mengikuti pembelajaran daring dan dapat digunakan sebagai referensi pada penelitian dengan variabel serupa.

Kata Kunci: Pembelajaran daring, stres akademik, mahasiswa

 

Abstract

The pandemic that hit the whole world resulted in the paralysis of many activities, one of which was teaching and learning activities. In order to reduce the risk of the spread of Covid-19, teaching and learning activities have changed to online. The online learning process that takes place creates obstacles and demands that can make students experience academic stress. This study aims to determine whether there is an influence between online learning on academic stress in students. The research was conducted on 348 students of the 2021 class of the Faculty of Education. The measuring instrument used in this research is the adaptation of the Perceived Academic Stress Scale (PAS) and the Perception of Students towards Online Learning (POSTOL). The data analysis technique used is simple linear regression analysis which was chosen to determine the effect of online learning on academic stress. The results show that online learning has a significant negative effect on academic stress in students. Product moment correlation analysis was conducted to see the relationship between the two variables with a correlation coefficient of -0.181. The results show that the relationship between the two variables is in the category of weak relationship and has a negative relationship direction. Student's positive perception of online learning can reduce academic stress. The benefit that can be given from this research is to provide information related to academic stress on students who are taking online learning and can be used as a reference in research with similar variables.

Keywords: Online learning, academic stress, student

Published
2022-07-06
Abstract Views: 198
PDF Downloads: 191