PENGARUH ANONIMITAS TERHADAP SELF DISCLOSURE PADA GENERASI Z DI TWITTER

  • Cintania Syaeischa Lyan Pramesti Univesitas Negeri Surabaya
  • Damajanti Kusuma Dewi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Generasi Z merupakan generasi yang lebih senang berbagi perasaan, emosi, pikiran, dan pengalaman mereka melalui media sosial, terutama di media sosial Twitter. Pembagian informasi yang berlebihan akan berpotensi menimbulkan risiko privasi bagi penggunanya. Risiko privasi ini dapat diminimalisir dengan meningkatkan anonimitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara anonimitas terhadap self disclosure Generasi Z di Twitter. Penelitian ini dilakukan pada lingkup media sosial Twitter dengan melibatkan 335 orang Generasi Z di Twitter yang berusia 12-27 tahun. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian adalah adaptasi dari skala Perceived Anonymity dan modifikasi dari skala Revised Self-Disclosure Scale. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui pengaruh anonimitas terhadap self disclosure adalah analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa anonimitas berpengaruh signifikan terhadap self disclosure pada kalangan Generasi Z di Twitter. Analisis tambahan juga dilakukan untuk melihat hubungan antara kedua variabel dengan hasil koefisien korelasi sebesar 0.373. Hasil koefisien korelasi menunjukkan bahwa hubungan antara kedua variabel mempunyai arah hubungan yang positif dan termasuk dalam kategori hubungan yang lemah. Penelitian ini dapat bermanfaat untuk memberikan informasi mengenai kegunaan anonimitas dalam Twitter untuk melakukan self disclosure yang lebih positif, dan dapat digunakan sebagai referensi penelitian selanjutnya dengan variabel yang serupa.

Kata Kunci: Anonimitas, self disclosure, Generasi Z, Twitter

Abstract

Generation Z is the generation that prefers to share their feelings, emotions, thoughts, and experiences through social media, especially on Twitter. Excessive sharing of information will potentially pose a privacy risk to its users. This privacy risk can be minimized by increasing anonymity. This study aims to determine whether there is an impact between anonymity on Generation Z's self disclosure on Twitter. This research was conducted in the scope of Twitter social media by involving 335 Generation Z people on Twitter aged 12-27 years. The measuring instrument used in this study is an adaptation of the Perceived Anonymity scale and a modification of the Revised Self-Disclosure Scale. The data analysis technique used to determine the effect of anonymity on self disclosure is simple linear regression analysis. These results show that anonymity has a significant effect on self-disclosure among Generation Z on Twitter. Additional analysis was also carried out to see the relationship between the two variables, with a correlation coefficient of 0.373. The correlation coefficient results indicate that the relationship between the two variables has a positive relationship direction and is included in the category of a weak relationship. This research can helps provide information about the usefulness of anonymity on Twitter to make a more positive self disclosure and can be used as a reference for further study with similar variables.

Keywords: Anonymity, self disclosure, Generation Z, Twitter

 

Published
2022-06-11
How to Cite
Pramesti, C., & Dewi, D. (2022). PENGARUH ANONIMITAS TERHADAP SELF DISCLOSURE PADA GENERASI Z DI TWITTER. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 9(5), 51-64. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/47347
Abstract Views: 958
PDF Downloads: 2114