HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA KELAS VII DI SEKOLAH X
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v10i03.54555Abstract
Remaja adalah masa transisi dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Anak muda yang masih belajar di sekolah menengah secara kognitif mulai berkembang dengan kemampuan berpikirnya yang abstrak dan memiliki emosi yang tidak stabil karena upaya mencari identitas diri. Pada masa pencarian identitas diri seperti ini remaja akan dihadapkan pada sebuah pilihan untuk mengikuti teman-temannya meskipun tidak diinginkan atau dijauhu oleh teman sebayanya. Oleh karena itu pentingnya berkomunikasi secara tegas atas keinginannya dan menggungkapkan perasaannya dalam berperilaku asertif. Siswa yang mampu berperilaku asertif cenderung mempunyai harga diri yang positif pada dirinya serta bisa meningkatkan keteguhan kalau dirinya itu sungguh bernilai. Salah satu sebab yang pengaruhi sikap asertif merupakan harga diri. Tujuan dari riset ini yakni guna mencari kaitan antara harga diri dengan sikap asertif pada siswa kels VII de sekolah x. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan sample berjumlah 143 siswa dari kelas VII. Teknik analis data menggunakan product momen. Hasil peneliitan ini ada ikatan positif antara harga diri dengan sikap asertif pada anak didik kelas VII di sekolah x dengn angka signifikansi sebesar 0.000 serta angka koefisien sebesar 0.737.
Kata Kunci: Harga Diri, Perilaku Asertif, Remaja
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

