Self Efficacy Pada Section Leader UKM Paduan Suara
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v10i03.54573Abstract
Section leader merupakan pemimpin dari setiap section suara. Section leader memiliki tugas yang lebih ekstra dibanding singer biasa sehingga diperlukan self efficacy lebih tinggi.. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dimensi dan sumber-sumber efikasi yang mempengaruhi terbentuknya self efficacy pada section leader Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data didapatkan dari proses wawancara semi-terstruktur serta dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Partisipan penelitian adalah dua orang section leader dengan minimal masa jabatan selama satu tahun. Mengacu pada dimensi self efficacy yang dikembangkan oleh Bandura, kedua partisipan mampu mempertahankan self efficacy dengan didukung oleh sumber-sumber efikasi antara lain (1) pengalaman pribadi dalam meraih keberhasilan; (2) pengalaman keberhasilan orang lain sebagai panutan; (3) emosi yang muncul sebagai respon terhadap situasi yang dihadapi, (4) dan persuasi verbal dari orang sekitar. Sumber-sumber self efficacy yang didapatkan section leader mampu membuat partisipan semangat dan yakin mengemban tugasnya.dengan baik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.