Resiliensi pada Mahasiswa yang Memiliki Masalah Keluarga dan Bekerja namun Lulus Tepat Waktu
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v10i03.54869Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor protektif resiliensi serta proses dalam membangun resiliensi pada partisipan yang merupakan mahasiswa yang lulus tepat waktu. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari tiga partisipan yang merupakan alumni mahasiswa psikologi angkatan 2017. Ketiga partisipan dalam penelitian ini memiliki karakteristik yang sama yaitu masalah keluarga, dan harus bekerja serta berkuliah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara semi terstruktur, yang dianalisis dengan teknik analisis tematik. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa faktor pelindung resiliensi yang dimiliki oleh partisipan antara lain regulasi diri dan optimisme. Lalu proses resiliensi yang dilakukan oleh partisipan terdiri dari bercerita dengan teman atau sharing, serta memiliki dukungan baik secara eksternal maupun internal yang termasuk dalam proses survival, melakukan hal yang disukai dan melakukan kegiatan yang menjadi hobi termasuk dalam proses recovery, dan memiliki tujuan hidup termasuk dalam proses thriving.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

