Hubungan Antara Self-Efficacy dengan Prestasi Belajar Matematika pada siswa kelas VIII.

  • M. Arthur Damawan Biskara S UNESA

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara Self-Efficacy dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh dengan keseluruhan 37 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik correlation product moment dengan bantuan IBM SPSS STATISTICS guna mengetahui hubungan antara kedua variabel. Hasil dari analisis data diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.674 dari p>0.05 yang menandakan tidak ada hubungan signifikan antara variabel Self-Efficacy dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII. Hasil pada uji koefisien korelasi sebesar r=-0. 071 yang menunjukkan kategori korelasi sangat rendah dan mengarah pada hubungan yang negatif atau saling bertolak belakang antara kedua variabel. Berdasarkan perolehan hasil olah data, maka hipotesis “terdapat hubungan antara variabel self-efficacy dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII” tidak dapat diterima.

Kata kunci : self-efficacy, prestasi belajar, siswa.

Published
2023-08-09
How to Cite
S, M. A. (2023). Hubungan Antara Self-Efficacy dengan Prestasi Belajar Matematika pada siswa kelas VIII. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 10(03), 876-887. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/56599
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 53