PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DILENGKAPI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

Authors

  • SHOIMAH
  • WASIS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran inkuiri dilengkapi lembar kerja peserta didik (LKPD). Jenis penelitian yang digunakan adalah pre experimental dengan desain penerapan one grup pretest and posttest. Penelitian ini menggunakan satu kelas eksperimen yaitu kelas X MIA 5 dan dua kelas replikasi yaitu kelas X MIA 6 dan X MIA 7. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, dan angket. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis keterlaksanaan pembelajaran, analisis penilaian hasil tes menggunakan uji-t berpasangan dan n-gain, analisis penilaian proses, dan analisis angket respons. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran inkuiri dilengkapi LKPD terlaksana dengan sangat baik, (2) keterampilan proses sains peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan dengan nilai n-gain cenderung tinggi, (3) respons peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri dilengkapi LKPD berkategori baik dengan persentase sebesar 78% sampai 83%. Berdasarkan hasil-hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dilengkapi LKPD dapat melatihkan keterampilan proses sains.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

25-06-2018

How to Cite

SHOIMAH, & WASIS. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DILENGKAPI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/23623

Issue

Section

Articles
Abstract views: 61 , PDF Downloads: 30